Tim Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Hibah Group Riset (HGR) Pengkajian Seni, Program Studi Seni Rupa Murni FSRD UNS Melaksanakan Diseminasi

FSRD – Tim Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Hibah Group Riset (HGR) Pengkajian Seni, Program Studi Seni Rupa Murni, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Universitas Sebelas Maret, melaksanakan diseminasi yang merupakan rangkaian dari kegiatan tim tersebut. Setelah sukses melakukan kegiatan penelitian terkait eksplorasi kearifan lokal dan potensi yang ada di Desa Pereng, Kecamatan Mojogedang, Kabupaten Karanganyar untuk menjadi rintisan Desa Kreatif, yang selanjutnya diaplikasikan melalui beragam kegiatan pengabdian masyarakat berupa pelatihan pembuatan lilin aroma terapi, pengadaan kembali pertunjukan seni tradisi, dan lain sebagainya.

Diseminasi yang diselenggarakan di Soewatu Café and Resto pada 4 September 2023 dihadiri oleh Sriyanto, S.Pd., selaku Kepala Desa, Sekretaris, Bendahara, Perwakilan Pemuda dan Kelompok Sadar Wisata Desa Pereng, Tim Hibah MBKM, Dua Kelompok KKN  yang melaksanakan kegiatan di Desa Pereng, dan Tim Hibah Riset Group. Tidak hanya dari pihak Desa Pereng yang menghadiri kegiatan tersebut, Ponca Adi Prasetyo selaku Kepala Desa Girimulyo turut hadir untuk mengikuti kegiatan yang membahas tentang pengembangan Rintisan Desa Kreatif yang memanfaatkan keraifan lokal daerah.

Tujuan kegiatan dari diseminasi adalah untuk mengevaluasi keberlangsungan kegiatan yang dilakukan oleh Tim Riset, dan disambung oleh Tim KKN, meninjau kembali, serta mengembangkan kegiatan yang sudah berlangsung selama ini.

Sebuah bentuk komitmen keberlanjutan dalam merintis Desa Pereng sebagai Desa Kreatif, Program Studi Seni Rupa Murni, menerjunkan Tim Hibah MBKM yang bertujuan untuk memperkuat dan meningkatkan kemajuan potensi dari kearifan lokal Desa Pereng yang telah dilakukan oleh tim sebelumnya.

Dr. Desy Nurcahyanti, S.Sn., M.Hum., selaku Kepala Program Studi Seni Rupa Murni, menyampaikan “Kami menginginkan agar kegiatan ini terus berlangsung, tidak hanya menjadi skala yang berjangka pendek, tetapi memiliki jangkauan yang lebih panjang untuk merintis Desa Pereng menjadi Desa Kreatif Berbasis Kearifan Lokal”.

“Kegiatan ini menjadi sebuah peluang yang akan sangat didukung oleh pemerintah desa, masyarakat dan beragam elemen masyarakat lainnya, kami mengucapkan terima kasih kepada UNS khususnya Prodi Seni Rupa Murni atas kerjasama dan binaan terkait perintisan Desa Kreatif di Pereng” ujar Kepala Desa Pereng, Bapak Sriyanto.

Keberlangsungan yang terus diupayakan merupakan bentuk keseriusan Program Studi selaku institusi pendidikan kepada kelompok masyarakat yang saling berhubungan dan saling membutuhkan. Hubungan yang baik nantinya diharapkan mampu menciptakan kemajuan bersama serta  mampu meningkatkan Sumber Daya Manusia yang menjadi dasar dalam mewujudkan Indonesia Emas di masa selanjutnya.

Humas FSRD UNS 2023

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *