Capaian Lulusan S2 Seni Rupa

CAPAIAN LULUSAN S2 SENI RUPA

SIKAP
CPL KKNI/ SM DIKTI CPL mengacu Learning Outcome
S-1 bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius Mampu menunjukkan sikap religius, manusiawi, bermoral, ber-etika, dan bertanggungjawab dalam menjalankan tugas akademik, sosial, dan professional.
S-2 menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika
S-3 berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
S-4 berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
S-5 menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
S-6 bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
S-7 taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
S-8 menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
S-9 menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
S-10 menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan
KETRAMPILAN UMUM
CPL KKNI/ SM DIKTI CPL mengacu Learning Outcome
KU-1 mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajiannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis yang dipublikasikan dalam jurnal ilmiah yang terakreditasi KU-1: mampu melakukan proses ilmiah dengan standar yang baku dan dapat mempertanggung jawab kan hasil kajianya kepada masyarakat akademik dan masyarakat umum
KU-2 mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya;
KU-3 mampu menyusun ide, hasil pemikiran dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta menkomunikasikan melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas;
KU-4 mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan meposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan inter atau multi disipliner; KU-2: Mampu melakukan pengkajian atau penciptaan Seni Rupa dan Desain dengan kajian kritis dan ilmiah dalam suatu metode ilmiah yang dikembangkan melalui pendekatan inter atau multi disipliner
KU-5 mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian, analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data; KU-3: Mampu melakukan proses ilmiah baik secara mandiri maupun dalam jaringan yang lebih luas dengan berbagai sistem informasi konvensional maupun kekinian
KU-6 mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas
KU-7 mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri;
KU-8 mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;
KETRAMPILAN KHUSUS
CPL KKNI/ SM DIKTI CPL mengacu Learning Outcome
KK-1 Mampu melakukan Pengkajian atau Penciptaan yang berdasar pada metode ilmiah dengan menerapkan kajian Seni Rupa dan Desain sesuai minat kahlian-yaitu: Estetika dan kreativitas,atau Sejarah dan Budaya, atau Manusia, atau Lingkungan, atau Komunikasi Visual, atau Creative dan Socio-preuneur untuk Pengkajian atau Penciptaan Seni Rupa dan Desain KK-1: Mampu melakukan Pengkajian atau Penciptaan yang berdasar pada metode ilmiah dengan menerapkan kajian Seni Rupa dan Desain sesuai minat kahlian-yaitu: Estetika dan kreativitas,atau Sejarah dan Budaya, atau Manusia, atau Lingkungan, atau Komunikasi Visual, atau Creative dan Socio-preuneur untuk Pengkajian atau Penciptaan Seni Rupa dan Desain
KK-2 Mampu mengevaluasi pengetahuan dan ketrampilan di Seni Rupa dan Desain untuk menunjukkan ide-ide terkini/terbaru. KK-2: Mampu mengevaluasi pengetahuan dan ketrampilan di Seni Rupa dan Desain untuk menunjukkan ide-ide terkini/terbaru.
KK-3 Mampu menyebarluaskan hasil penelitian dalam publikasi ilmiah dengan format yang dipersyaratkan di tingkat internasional. KK-3 Mampu menyebarluaskan hasil penelitian dalam publikasi ilmiah dengan format yang dipersyaratkan di tingkat internasional.
KK-4 Mampu melakukan penelitian yang sistematis dengan metode yang tepat, efektif, dan etis. KK-4: Mampu melakukan penelitian yang sistematis dengan metode yang tepat, efektif, dan etis.
PENGETAHUAN
CPL KKNI/ SM DIKTI CPL mengacu Learning Outcome
P-1 Menguasai konsep teoritis Seni Rupa dan Desain sesuai minat keahlian- yaitu Estetika dan kreativitas,atau Sejarah dan Budaya, atau Manusia, atau Lingkungan, atau Komunikasi Visual, atau Creative dan Socio-preuneur untuk Pengkajian atau Penciptaan Seni Rupa dan Desain. P-1: Menguasai konsep teoritis Seni Rupa dan Desain sesuai minat keahlian- yaitu Estetika dan kreativitas,atau Sejarah dan Budaya, atau Manusia, atau Lingkungan, atau Komunikasi Visual, atau Creative & socio-preuneur untuk Pengkajian atau Penciptaan Seni Rupa dan Desain.
P-2 Mampu memahami dan menyelesaikan permasalahan isu terkini terkait bidang Seni Rupa dan Desain sesuai minat keahlian- yaitu Estetika dan kreativitas,atau Sejarah dan Budaya, atau Manusia, atau Lingkungan, atau Komunikasi Visual, atau Creative dan Socio-preuneur untuk Pengkajian atau Penciptaan Seni Rupa dan Desain. P-2: Mampu memahami dan menyelesaikan permasalahan isu terkini terkait bidang Seni Rupa dan Desain sesuai minat keahlian- yaitu Estetika dan kreativitas,atau Sejarah dan Budaya, atau Manusia, atau Lingkungan, atau Komunikasi Visual, atau Creative dan socio-preuneur untuk Pengkajian atau Penciptaan Seni Rupa dan Desain.
P-3 Mampu menemukan pengetahuan, ide, dan karya di bidang Seni Rupa dan Desain sesuai minat keahlian- yaitu Estetika dan kreativitas,atau Sejarah dan Budaya, atau Manusia, atau Lingkungan, atau Komunikasi Visual, atau Creative dan Socio-preuneur untuk Pengkajian atau Penciptaan Seni Rupa dan Desain. P-3: Mampu menemukan pengetahuan, ide, dan karya di bidang Seni Rupa dan Desain sesuai minat keahlian- yaitu Estetika dan kreativitas,atau Sejarah dan Budaya, atau Manusia, atau Lingkungan, atau Komunikasi Visual, atau Creative & socio-preuneur untuk Pengkajian atau Penciptaan Seni Rupa dan Desain.