Kunjungan Kerja Senat Akademik FSRD UNS ke Pascasarjana ISI Yogyakarta Bahas Brainstorming Pendirian S3 Seni Rupa FSRD UNS

FSRD – Senat Akademik Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Universitas Sebelas Maret (UNS) melaksanakan kunjungan ke Pascasarjana ISI Yogyakarta pada Kamis (26/10/2023). Agenda Senat Akademik FSRD UNS ini berupa Brainstorming Pendirian S3 FSRD UNS. Kunjungan dipimpin langsung oleh Ketua Senat FSRD UNS, Dr. Sn. Andreas Slamet Widodo, S.Sn., M.Hum.

Delegasi FSRD UNS diterima oleh Ibu Dr. Fortunata Tyasrinestu, M.Si. (Direktur Program Pascasarjana ISI Yogyakarta), Dr. Prayanto Widyo Harsanto, M.Sn. (Asisten Dirtektur II Bidang Umum dan Keuangan) dan Octavianus Cahyono Priyanto, Ph.D. (Ketua Program Studi Seni Program Doktor). “Selamat datang di Pasca ISI Yogyakarta. Selamat menikmati kota Jogja dan suatu kehormatan bagi kami kedatangan tamu dari FSRD UNS.” ungkap Dr. Tyas.

Dalam kunjungannya, Senat Akademik FSRD UNS berdiskusi terkait bagaimana proses pendirian dari Pascasarjana ISI Yogyakarta. “Terimakasih atas sambutan hangatnya Ibu Tyas, Bapak Prayanto dan Bapak Cahyono. Tujuan kami berkunjung kesini yang pertama adalah menjalin silaturahim dengan Pasca ISI Yogyakarta. Kedua kami ingin belajar dari ISI Yogyakarta mengenai rencana pendirian S3 Seni Rupa di FSRD UNS, karena tingkat kebutuhan untuk melanjutkan ke program pasca banyak antusiasnya.” ujar Dr. Andreas.

Dr. Andreas menanyakan beberapa bahan diskusi pada pertemuan ini. “Pasca ISI Yogyakarta termasuk penyelenggara sekolah pasca paling lama terutama S3. Proses nya seperti apa, kita ingin mencontoh dalam pengelolaan prodi seperti apa khususnya S3, bagaimana Pasca ISI merancang prodi of knowledge nya dari S1, S2 dan S3, kemudian mata kuliah yang berhubungan seperti apa, pemetaannya seperti apa.” tanya Dr. Andreas.

Menjawab pertanyaan Dr. Andreas, Ibu Tyas menjelaskan bahwa sejak berdirinya S3 Seni Rupa kami juga mengalami banyak kendala rintangan dan tantangan. Indikator paling mudah dari akreditasinya. Kita harus tau tantangannya kedepan, akan menghadapi apa dan apa yg akan kita lakukan.

Di akhir pertemuan, Dr. Andreas berharap semoga silaturahim ini bisa terus terlaksana dan apa yang sudah kita bahas pada hari ini bisa menjadi referensi bagi pendirian S3 Seni Rupa FSRD UNS. Pertemuan ditutup dengan sesi penyerahan vendel dan foto bersama.

Humas FSRD UNS 2023

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *