FSRD UNS Gelar Pameran Creativity Collaboration, Ekspresikan Ide Kreatif dan Inovatif

FSRD – Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar acara Creativity Collaboration, sebuah ajang kolaborasi kreativitas untuk mengekspresikan ide-ide inovatif. Kegiatan ini diselenggarakan Badan Pengelola Usaha dan Kerja Sama Fakultas, bekerja sama dengan Program Studi Kriya Seni.

Acara dihelat di Balai Kota Solo, Sabtu (12/10/2024) sampai dengan Minggu (13/10/2024) ini, menampilkan berbagai aktivitas kolaborasi mengajak masyarakat untuk menikmati seni, kreasi, imajinasi, dan estetika, serta memupuk bakat dan minat para pelaku seni maupun penonton. Dengan konsep interaktif, publik diundang untuk menjadi bagian aktif dalam menghadirkan komunikasi gagasan, presentasi hasil eksplorasi kreatif, serta diskusi produk-produk kreatif.

Keterlibatan komunitas dalam aktivitas ini diharapkan mampu memberikan dampak positif. Para seniman, desainer, aktivis, dan budayawan diundang untuk menyebarluaskan gagasan edukatif mengenai keberlanjutan alam di tengah-tengah masalah ekologis semakin mendesak. Selain itu, produk-produk kreatif yang dihasilkan diharapkan dapat meningkatkan kesadaran lingkungan di kalangan masyarakat luas.

Ratna Endah Santoso sebagai Ketua Pelaksana kegiatan mengatakan acara ini menghadirkan antara budaya luar seniman dan akademisi. “Kami menghadirkan kolaborasi antara budaya luar seniman dan akademisi untuk Creativity Collaboration baru tahun ini, tapi untuk elemen di dalamnya ada prolog kemudian ada lomba desain tiap tahun. Hal ini sebagai salah satu ciri khas Fakultas Seni Rupa dan Desain” terang Ratna.

Berbagai kegiatan lain turut menyemarakkan acara ini, di antaranya pameran internasional bertajuk eco creativity, pameran karya studi tingkat awal mahasiswa Prodi Kriya Seni Prolog 6, lomba desain motif dengan tema Milieu Raksa, serta berbagai talk show mengenai seni, pertunjukan seni, dan workshop kreativitas seni. Selain itu ada juga pameran produk kerajinan industri kecil dan menengah (IKM) juga akan menjadi bagian aspek kehidupan.

Humas FSRD UNS 2024

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *