Asosiasi Perusahaan dan Praktisi Periklanan Solo (ASPPRO) menggelar agenda rutin bulanan Creative Sharing Ngasppro #01 di Pakem Solo tanggal 7 Desember 2016. Agenda kali ini membahas tentang kemasan yang setema dengan judul agenda kali ini, yaitu “Kemas Kemasan”.
Beragamnya produk-produk makanan olahan dari UMKM yang ada di pasar tradisional, sentra oleh-oleh, hingga pasar swalayan membuat produk-produk tersebut kurang menarik jika dipasarkan dengan tampilan seadanya. Perlu adanya upaya “upgrade” baik dari segi branding dan kemasan supaya produk menjadi lebih ‘menjual’. Kemasan produk makanan saat ini tidak hanya sekedar membungkus dan melindungi produk, namun juga mempengaruhi unsur estetika desain, faktor ergonomis, ekonomis, distribusi, marketing hingga kepedulian pada lingkungan dengan bahan kemasan yang ramah lingkungan. Ini berarti kemasan produk perlu melalui serangkaian proses dalam pembuatannya. Mulai dari riset internal hingga riset eksternal sebelum proses perancangan kemasannya.
Acara Creative Sharing ini diisi oleh narasumber Hermansyah Muttaqin, anggota ASPPRO, juga sebagai pengajar mata kuliah Desain Kemasan dan Kaprodi D3 DKV di Fakultas Seni Rupa dan Desain UNS. Para peserta yang hadir dari pelaku UMKM di Solo Raya, mahasiswa dari DKV Usahid, FEB UNS, UMS dan komunitas industri kreatif di Solo.