Dosen Prodi Desain Interior FSRD UNS Menjadi Pembicara Dalam International Undergraduate Design Competition 2024 (IUDeC 2024)

FSRD – Salah satu Dosen Program Studi (Prodi) Desain Interior Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Universitas Sebelas Maret (UNS) berpartisipasi dalam kegiatan International Undergraduate Design Competition 2024 (IUDeC 2024) pada Selasa (1/10/2024). Beliau adalah Pandu Purwandaru, S.Ds., M.Ds., Ph.D.

International Undergraduate Design Competition 2024 (IUDeC 2024) sendiri merupakan acara yang mempertemukan mahasiswa S1 berbakat dari seluruh dunia untuk menampilkan kreativitas, inovasi, dan keterampilan desain mereka dengan tema: TANTANGAN KAYU FUSION: MENYATUKAN DESAIN & KEBERLANJUTAN.

Kompetisi ini akan memberikan kesempatan bagi siswa untuk berpartisipasi dalam berbagai tantangan desain di berbagai disiplin ilmu, termasuk perencanaan kota, arsitektur, desain interior, seni rupa, arsitektur lansekap, desain industri, dan lain-lain. Kompetisi ini akan mencakup tiga kategori menarik: furnitur, instalasi seni, dan ruang. Setiap bidang menawarkan kesempatan unik untuk menunjukkan orisinalitas, inovasi, dan dedikasi siswa terhadap desain berkelanjutan.

Dalam kompetisi ini Pandu Purwandaru, S.Ds., M.Ds., Ph.D., ditunjuk sebagai salah satu pembicara. Beliau memberikan materi mengenai Furniture Design through Design Culture Approach, study case: SMEs in Surakarta Area.

Dalam pemaparan materinya Pandu menjelaskan mengenai Metode Design Culture, Adopting Design Culture in Designing Furniture Process, Production methods, dan Design Process.

Selain itu beliau juga menyampaikan bahwa pendekatan budaya desain sangat penting untuk memberikan identitas dan nilai pada produk furnitur. Pelaku utamanya bukanlah sang desainer, melainkan bersama para perajin secara keseluruhan. Tidak ada posisi atasan dan bawahan, bekerja dengan nilai-nilai sosial lokal adalah yang terbaik.

Humas FSRD UNS 2024

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *