Introduction

Webinar Design with Community Talks

Webinar Design with Community Talks

Design with Community Talks merupakan seri pertama dari kegiatan webinar kolaborasi antara Magister Seni Rupa dan Desain Interior FSRD UNS, Arsitektur FT UNS, dengan Monash University Indonesia.

Sebagai pendukung acara, kegiatan webinar ini juga diorganisir oleh Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Surakarta, Pusat Studi Jepang UNS, dan Urban Rural Design & Conservation (URDC) Lab, Departemen Arsitektur UNS.

Kegiatan ini diselenggarakan pada hari sabtu 16 April 2022 dari pukul 13.00 hingga 15.30, dan dihadiri oleh lebih dari 110 peserta dengan latar belakang mahasiswa, anggota IAI, dan umum.

Sebagai pembicara, webinar dengan tema desain dengan komunitas ini diisi oleh dosen dan peneliti dengan latar belakang riset yang mendalam di bidang community based development.

Dari perwakilan Monash University, materi diisi oleh Eka Permanasari, S.T., Ph.D. yang merupakan adjunct associate professor di Monash Design, Art, and Architecture yang bercerita tentang pengalamannya di projek RPTRA Jakarta.

Dari Fakultas Teknik UNS, diwakili oleh dosen Arsitektur Dr. Eng. Kusumaningdyah Nurul Handayani, S.T., M.T. yang membahas terkait dengan projek komunitas di Kelurahan Mojo, Kota Surakarta.

Sementara pembicara terakhir diisi oleh Pandu Purwandaru, S.Ds., M.Ds., Ph.D., yang mewakili Magister Seni Rupa UNS dan membahas projek komunitas berbasis agrikultural di Inagaki Jepang, dan Delanggu, Kabupaten Klaten.

Selain webinar, kolaborasi antara Monash University Indonesia dan FSRD UNS juga saat ini dilakukan dengan kegiatan lainnya seperti riset bersama, inbound dan outbound lecturer, serta bimbingan kurikulum untuk pendirian prodi baru.

0 comments on “Webinar Design with Community Talks

Leave a Reply

Your email address will not be published.