Introduction

Webinar 2 “Product Design – Marketing – Branding”

Webinar 2 “Product Design – Marketing – Branding”

Pada hari Selasa, 27 September 2022 telah dilaksanakan Webinar 2 dengan tema “Product Design – Marketing – Branding”. Kegiatan webinar ini dilaksanakan secara daring melalui media zoom. Webinar dipimpin oleh 2 orang moderator yaitu saudari Ratriana Aminy dan Nanda Kirana Citagami.

Webinar ini menghadirkan 3 pembicara diantaranya adalah :
1. Nor Jayadi, S.Sn.,M.A. (HIMKI)
2. Eugenio Hendro (Product Designer)
3. Bhaskara Adi Wishnu,M.Eng. (bbru atorie)

Pembicara pertama, Nor Jayadi, S.Sn.,M.A. (HIMKI) membicarakan menganai Marketing Trend Oppurtunities After Pandemic ( Desain untuk meningkatkan nilai tambah dan guna). Beliau menjelaskan dengan rinci mengenai design. Desain adalah segala hal yang berkaitan dengan pembuatan konsep, analisis data, perencanaan proyek, menggambar, cost calculation, prototyping, frame testing, dan test riding Jika masuk ke pasar bukan bersaing dengan harga tetapi dengan emosi.
Desain bukan sekedar material, tetapi dialog dan komunikasi. Desain adalah kekuatan konsep. Bukan hanya sketsa diatas kertas.
Ketika melahirkan desain, bukan mewujudkan style, tapi value apa yang mau diangkat. Harus bisa memerhatikan cost calculation nya juga.
Mendesain untuk masa depan dengan mengadopsi nilai nilai masa lalu. Dimulai dari hal kecil dengan menggunakan rasa.

                                             

Pembicara kedua, Eugenio Hendro (Product Designer) berbicara mengenai EProduct Design - Marketing - Branding. Beliau menjelaskan mengenai Kemampuan Design thingking tidak hanya bersumber pada inspirasi yang didapatkan melalui pasar, tetapi juga apa yang ada disekitar dapat menjadi salah satu inspirasi dalam menciptakan suatu produk kreatif.
Terkadang pemikiran sederhana dan tradisional tidak luput tertinggal dari pemikiran modern yang kini mulai berlomba-lomba menciptakan inovasi baru.
Perlu adanya eksperimensi untuk mengeksplore apa yang ada di sekitar kita. Eksperimensi menjadi salah satu proses untuk menciptakan suatu produk.
Salah satu contoh karya yang diciptakan oleh bapak Singgih Susilo dengan pemikiran sederhana akan Design thingking adalah sepeda yang terbuat dari bambu dan radio yang juga terbuat dari bambu.

                                                 

Selanjutnya, pembicara ketiga, Bhaskara Adi Wishnu, M.Eng. (bbru atorie) menyampaikan materi mengenai Penting adanya strategi yang digunakan untuk menarik para peminat dengan memberikan fasilitas atau ajakan dalam bentuk kegiatan, hal ini bisa dilakukan melalui challenge, choose point melalui Instagram stories, dan campaign dan berbagai macam kegiatan lainnya.

                                                 

0 comments on “Webinar 2 “Product Design – Marketing – Branding”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *