Introduction

Webinar 1 “Design Thinking – Ethical Craftmanship & Pemikiran Cyral Spiriterial – Creating your Own Branding”

Webinar 1 “Design Thinking – Ethical Craftmanship & Pemikiran Cyral Spiriterial – Creating your Own Branding”

Pada hari Senin, 26 September 2022 telah dilaksanakan Webinar 1 dengan tema “Design Thinking – Ethical Craftmanship & Pemikiran Cyral Spiriterial – Creating your Own Branding”. Kegiatan webinar ini dilaksanakan secara daring melalui media zoom.
Webinar dipimpin oleh 2 orang moderator yaitu saudari Ratriana Aminy dan Nanda Kirana Citagami.

Webinar ini menghadirkan 3 pembicara diantaranya adalah :
1. Khwanrat Chinda, Ph.D (Poh Chang Academy of Art, THailand)
2. Singgih Susilo Kartono (Designer of Magno, Spedagi Movement)
3. Prof.madya, Dr. Muhamad Abdul Aziz ab Gani (UITM)

Pembicara pertama, Khwanrat Chinda, Ph.D (Poh Chang Academy of Art, Thailand) membicarakan mengenai Design Thinking. Beliau menjelaskan bahwa design thinking adalah suatu kemampuan untuk memahami permasalahan yang ada dalam segala bidang untuk merencanakan suatu hal. Siapapun bisa menggunakan design thingking dalam kehidupannya tidak hanya khusus diperuntukkan oleh seorang desainer.
Pentingnya menggunakan design thingking dalam kehidupan bermasyaraat dan juga pada bisnis. Bagaimana cara menggunakan design thingking dalam mengajar?
Tentunya seorang pengajar harus memahami permasalahan yang ada pada murid/mahasiswa? Terdapat beberapa hal yang harus dimiliki oleh seorang design thingking adalah memiliki empati, memiliki kemampuan memahami suatu hal, memiliki banyak ide, mampu membua prototype atau model dan melakukan pengujian.

                                       

Pembicara kedua, Singgih Susilo Kartono (Designer of Magno, Spedagi Movement) berbicara mengenai Ethical Craftmanship & Pemikiran Cyral Spiriterial.
Beliau menjelaskan mengenai Kemampuan Design thingking tidak hanya bersumber pada inspirasi yang didapatkan melalui pasar, tetapi juga apa yang ada disekitar dapat menjadi salah satu inspirasi dalam menciptakan suatu produk kreatif.
Terkadang pemikiran sederhana dan tradisional tidak luput tertinggal dari pemikiran modern yang kini mulai berlomba-lomba menciptakan inovasi baru.
Perlu adanya eksperimensi untuk mengeksplore apa yang ada di sekitar kita. Eksperimensi menjadi salah satu proses untuk menciptakan suatu produk.
Salah satu contoh karya yang diciptakan oleh bapak Singgih Susilo dengan pemikiran sederhana akan Design Thinking adalah sepeda yang terbuat dari bambu dan radio yang juga terbuat dari bambu.

                                   

Selanjutnya, pembicara ketiga, Prof.madya, Dr. Muhamad Abdul Aziz ab Gani (UITM) menyampaikan materi secara padat dan berisi, mulai dari hal yang sangat mendasar yakni pengetahuan bagaimana membuat logo yang baik dan benar, hingga bagaimana sebuah logo dapat memberi pengaruh dalam membranding diri maupun suatu produk.

                                     

Kita berharap dengan adanya webinar ini dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi audiens yang mengikuti.

0 comments on “Webinar 1 “Design Thinking – Ethical Craftmanship & Pemikiran Cyral Spiriterial – Creating your Own Branding”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *