Introduction

Riset Grup”Kriya dan Inovasi” Pada 2021 Kembali Melakukan Pengabdian Masyarakat Di PPSA “Taruna Yodha”, Sukoharjo.

Riset Grup”Kriya dan Inovasi” Pada 2021 Kembali Melakukan Pengabdian Masyarakat Di PPSA “Taruna Yodha”, Sukoharjo.

Tahun ini kegiatan pengabdian masyarakat dari Riset Grup “Kriya dan Inovasi”, Program Studi Kriya Tekstil, Fakultas Seni Rupa dan Desain, UNS, dilakukan di PPSA “Taruna  Yodha”, Sukoharjo. Kegiatan yang didanai Hibah Riset Grup (HRG) – UNS tersebut berjudul : PELATIHAN PENINGKATAN KUALITAS PRODUK HAPAZOME DAN PEMASARAN SECARA ON-LINE. Pengabdian pada masyarakat yang dilakukan, merupakan kelanjutan dari kegiatan pengabdian yang telah dilakukan dalam beberapa tahun terakhir di tempat yang sama. Pelaksanaan pengabdian diketuai oleh Dr. Sarwono, M.Sn. dengan koordinator pelaksana Dra. Tiwi Bina Affanti, M.Sn. serta anggota Ratna Endah Santoso, M.Sn., Ir. Adji Isworo Josef, M.Sn., dan Dr. Lira Anindita Utami, S.Ds.,  M.Ds.

Peserta kepelatihan  bukan hanya anak-anak penerima manfaat dan para staf pendamping dari PPSA “Taruna Yodha”, tetapi juga para pendamping dari kantor-kantor Dinas Sosial Kabupaten se Solo Raya. Pelatihan mengenai peningkatan kualitas karya hapazome, bukan hanya dalam peningkatan kualitas prosesnya, tetapi juga kualitas estetisnya. Pelaksanaan pelatihan dilakukan secara daring yang kemudian dilanjutkan secara luring.

 

Untuk pemasaran on-line, peserta diberi bekal pengetahuan mengenai, bagaimana menyajikan foto produk serta membuat diskripsi produk yang menarik, demi menunjang keberhasilan pemasaran on-line. Sedang pelaksanaan dilakukan secara tatap muka, yang berupa praktek pembuatan foto produk, dan konsultasi hasil foto.

Pada bagian akhir kegiatan, dengan melibatkan ‘Shopee’ sebagai perusahaan penyelenggaramarket-place, peserta diberi pelatihan tentang pembuatan lapak atau pembukaan toko di market-place. Selain juga diberikan pengenalan tentang sopan-santun dalam melakukan penawaran dan bertransaksi secara on-line di market-place.

Ir. Purwadi, M.M. selaku pimpinan PPSA “Taruna Yodha”, Sukoharjo dalam penutupan acara, menyambut positif kegiatan yang telah dilakukan, dan mengucapkan terimakasih atas terselenggaranya acara yang sangat bermanfaat ini. Selain itu juga mengharapkan, bahwa kegiatan seperti yang dilakukan oleh Riset Grup “Kriya dan Inovasi” ini dapat terus berlanjut di masa yang akan datang, juga agar dapat lebih diperluas ke bidang-bidang lain. Harapan pimpinan PPSA “Taruna Yodha” tersebut mendapat tanggapan dari Dra. Tiwi Bina Affanti, M.Sn. selaku koordinator pelaksana kegiatan. Menurut koordinator pelaksana, pada masa yang akan datang pelatihan yang dilaksanankan di “Taruna Yodha” akan mencakup bidang keahlian yang lain. Dra. Tiwi Bina Affanti, M.Sn. pada saat itu juga mengemukakan bahwa, untuk tahun depan Riset Grup merencanakan untuk melakukan pelatihan tentang batik cap kertas. Pada kesempatan tersebut juga disampaikan harapan agar kerjasama antara Riset Grup “Kriya dan Inovasi” dengan PPSA “Taruna Yodha” dapat dituangkan dalam bentuk kerja sama yang lebih nyata.

 

0 comments on “Riset Grup”Kriya dan Inovasi” Pada 2021 Kembali Melakukan Pengabdian Masyarakat Di PPSA “Taruna Yodha”, Sukoharjo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *