PROFIL FAKULTAS

HISTOIRE de FSRD


Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) yang telah berdiri pada 20 Agustus 2014 dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 82 Tahun 2014 menjadi fakultas kesepuluh yang dimiliki Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo saat ini. Sebagai fakultas baru, yang lahir ditengah keberadaan universitas tinggi yang telah memiliki 9 fakultas sangatlah menarik dan menantang untuk bersinergi menjadi tumbuh lebih besar.

Universitas Sebelas Maret sendiri didirikan pada tanggal 11 Maret 1976, berdasarkan Surat Keputusan Presiden No. 10 / 1976. Saat itu bernama Universitas Negeri Surakarta Sebelas Maret, dan kemudian diubah menjadi Universitas Sebelas Maret atau disingkat UNS. Universitas Sebelas Maret awalnya hasil penggabungan dari beberapa perguruan tinggi di Kota Surakarta, antara lain Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Negeri Surakarta, Akademi Administrasi Niaga (AAN) Surakarta, Sekolah Tinggi Olah Raga (STO) Negeri Surakarta, Fakultas Kedokteran Perguruan Tinggi Pembangunan Nasional (PTPN) Veteran Cabang Surakarta dan Universitas Gabungan Surakarta (UGS).

VISI, MISI DAN BUDAYA KERJA

Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD)

Visi, misi dan tujuan Fakultas Seni Rupa dan Desain UNS ditetapkan berdasarkan pertimbangan yang sangat realistis dengan memperhatikan visi dan misi universitas. FSRD UNS mempunyai keinginan yang sangat kuat untuk menjadi fakultas yang unggul di tingkat lokal dan nasional serta dalam konteks global, dengan misi melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang berkontribusi terhadap pembangunan daerah dan nasional, serta berdampak pada peningkatan daya saing global. . Selain itu, visi dan misi yang dipilih dan ditetapkan juga merupakan orientasi masa depan ke arah yang lebih baik. Guna mewujudkan cita-cita luhur yang terkandung dalam visi, misi dan tujuan Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Sebelas Maret (UNS), setiap bentuk perencanaan baik di tingkat Fakultas maupun Program Studi senantiasa dilaksanakan. disusun berdasarkan visi, misi dan tujuan FSRD UNS.

visi

"Menjadi pusat pengembangan ilmu seni murni, kriya, dan desain yang unggul di tingkat internasional berlandaskan budaya Nasional"

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan untuk pengembangan kemampuan penalaran serta kreatifitas seni murni, kriya dan desain.
  2. Menyelenggarakan penelitian lintas disiplin yang mengarah pada penemuan baru seni murni, kriya dan desain berbasis nilai-nilai kearifan budaya.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat untuk mewujudkan masyarakat yang mandiri.
  4. Menjalin kerjasama di tingkat nasional maupun internasional

Sasaran dan Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan di bidang seni murni, kriya dan desain yang kreatif, inovatif, adaptif, serta produktif.
  2. Menghasilkan karya ilmiah serta inovasi seni murni, kriya dan desain yang dipublikasikan di tingkat nasional maupun internasional.
  3. Membantu memecahkan masalah di masyarakat melalui penerapan ilmu dan teknologi seni murni, kriya dan desain.
  4. Menghasilkan kerjasama di tingkat nasional dan internasional untuk menuju Fakultas Seni Rupa dan Desain bereputasi internasional.
“UNS ACTIVE”

budaya kerja

Guna mewujudkan Visi, Misi, Tujuan, dan Nilai Dasar tersebut, seluruh civitas akademika sepakat untuk mengobarkan semangat bersama UNS BISA “Budaya Kerja Aktif UNS, Internasionalisasi, Sinergi, Akselerasi Menuju World Class University”.

Sejak UNS berdiri pada tahun 1976 hingga saat ini telah mengalami berbagai dinamika perkembangan dan melakukan berbagai upaya untuk menjadi salah satu perguruan tinggi terkemuka. Berbagai program, kebijakan dan kegiatan telah dilakukan secara berkesinambungan untuk menghadapi tantangan perubahan global yang terus bergerak cepat, dinamis, saling bergantung dan kompleks. Saat ini UNS telah menjadi salah satu perguruan tinggi negeri ternama di Indonesia dan semakin memantapkan langkahnya menuju World Class University (WCU). Hal ini terbukti dengan berbagai prestasi membanggakan baik di tingkat nasional maupun internasional.

Berbagai langkah yang dilakukan dalam rangka meningkatkan kapasitas UNS sebagai perguruan tinggi yang otonom, akuntabel, dan berdaya saing tinggi telah dilakukan seiring dengan diperolehnya pengakuan sebagai Instansi Pemerintah yang melaksanakan Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PK-BLU) berbasis pada Keputusan Menteri Keuangan Nomor 52/KMK.05/2009 tanggal 27 Februari 2009.

Pada tahun 2020 ini, pemerintah telah memberikan keleluasaan bagi UNS, baik dalam hal pembukaan Program Studi (Prodi) baru, maupun dalam pengelolaan keuangan dan aset. Hal itu ditunjukkan dengan ditetapkannya Universitas Sebelas Maret sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH). Berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 56 Tahun 2020 tentang Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum. 6 Oktober 2020.

Salah satu langkah nyata yang dilakukan dalam rangka mewujudkan good korporasi university adalah dengan penerapan budaya kerja “UNS ACTIVE”, yaitu:

  • Achievement orientation (Orientasi prestasi), Kemampuan bekerja dengan baik dan berusaha melampaui standar prestasi yang telah ditetapkan, berorientasi pada hasil dan terus berupaya mencapai keunggulan.
  • Customer satisfaction (Kepuasan pelanggan), Kemampuan membantu atau melayani orang lain atau memenuhi kebutuhan pengguna jasa, baik secara internal maupun eksternal
  • Team work (Kerjasama), yaitu kemampuan bekerja sama dengan orang lain, baik dalam tim besar maupun tim kecil dalam lingkup institusi
  • Integrity (Integritas), kesesuaian perkataan dan tindakan, kemampuan menggambarkan maksud, gagasan, dan perasaan serta menerjemahkan secara utuh ke dalam tindakan berdasarkan keikhlasan, kesetiaan, rasa tanggung jawab yang tinggi, dan komitmen terhadap kemajuan organisasi sejalan dengan visi dan misi. UNS
  • Visionary (Visioner), Kemampuan menetapkan tujuan baru ketika target yang ditetapkan telah tercapai dan juga berorientasi jangka panjang, termasuk kemampuan beradaptasi terhadap perubahan lingkungan dan mudah menerima perubahan institusi.
  • Entrepreneurship (Kewirausahaan), Kemampuan mengolah sumber daya yang ada menjadi produk dan jasa yang mempunyai nilai tambah dan mencari manfaat/keuntungan dari peluang yang belum dikembangkan oleh orang lain.