Introduction

Press Release : Selamat Datang Dr. Setyo Budi.,M.Sn

Press Release : Selamat Datang Dr. Setyo Budi.,M.Sn

“Segala yang berkaitan tentang Jawa adalah energi dan kehendak, sebuah kekuatan alam dan budaya yang secara naluriah mencari jalan menuju rahayu, sehingga memerlukan sosok dan penggambaran untuk menyempurnakan manifestasinya di dunia manusia.
Hampir semua ritual tradisi Jawa adalah upaya pengendalian waktu dan ruang dalam rangka mencapai pembebasan.
Artinya, puncak pencapaian sistem nilai ritual tradisi adalah nilai keyakinan, yang membangun kekuatan pembebas dari trauma masa lampau sekaligus kecemasan menghadapi masa depan”

Petikan tersebut merupakan bagian dari kesimpulan disertasi  yang disampaikan oleh Dr. Setyo Budi.,M.Sn pada saat sidang tebuka di Concert Hall Pasca ISI Yogyakarta pada hari senin 23 januari 2017 kemarin. Sidang terbuka ini merupakan tahapan terakhir dari bebnerapa sidang untuk memperoleh gelar Doktoral bidang Seni.

Pada acara tersebut dihadiri oleh Keluarga Besar FSRD dan sejawat beliau, antara lain Dekan FSRD Drs. AHMAD ADIB, M.Hum., Ph.D. Disertasi yang beliau sampaikan berjudul “Enam Motif Batik Klasik dan Satu  Lurik Dalam Sistem Nilai Ritual Mitoni Masyarakat Surakarta.” Yang berbicara tentang tradisi , ritual dan nilai yang terkandung dalam budaya mitoni di masyarakat jawa terutama surakarta. Dengan bertambahnya Pengajar bergelar Doktor, diharapkan Fakultas Seni Rupa dan Desain akan memiliki reputasi yang mendunia dan menjadi panutan bagi Universitas di Indonesia.

0 comments on “Press Release : Selamat Datang Dr. Setyo Budi.,M.Sn

Leave a Reply

Your email address will not be published.