Introduction

PANGARIBAWANING CATUR DHARMA Kolaborasi 3 Fakultas (FEB, FIB, FSRD)

PANGARIBAWANING CATUR DHARMA Kolaborasi 3 Fakultas (FEB, FIB, FSRD)

Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Ilmu Budaya (FIB), dan Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD). Pentas wayang tersebut diadakan di Padepokan Aji Tirta Wening (ATW) Pengging, Boyolali.

Pentas ini menghadirkan Ki Warseno Slenk sebagai dalang. Ia membawakan lakon wayang “Pangaribawaning Catur Dharma”.

Kegiatan ini dihadiri oleh Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho; Wakil Rektor Umum dan Sumber Daya Manusia UNS, Prof. Bandi; Direktur Rumah Sakit UNS, Prof. Hartono; dan Direktur Keuangan dan Optimalisasi Aset UNS, Dr. Muhtar.

Selain itu, turut hadir pula Dekan FIB UNS, Prof. Warto; Dekan FEB UNS, Prof. Djoko Suhardjanto; Dekan FSRD UNS, Dr. Rahmanu Widayat; Dekan FKIP UNS, Dr. Mardiyana; dan Dekan FK UNS, Prof. Reviono.

Prof. Jamal mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini. Ia juga mengajak agar seluruh sivitas akademika UNS dapat berperan dalam memajukan budaya daerah.

“Mari bersama menyambut dies natalis dengan melestarikan budaya. Ke depan, kegiatan pentas budaya bisa diadakan setiap bulan, misal di Argo Budaya atau Javanologi. Jadi, UNS tidak hanya maju dalam ilmu pengetahuan dan teknologi saja, tetapi juga dalam pelestarian budaya Indonesia,” ungkap Prof. Jamal.

Sementara itu, Prof. Djoko selaku tuan rumah menyampaikan bahwa kegiatan ini diinisiasi berkat obrolan santai di Taman FEB Jaya.

“Waktu itu sedang ngobrol mengenai agenda budaya, lalu kami sepakat untuk berkolaborasi. Memang, menyatukan tiga fakultas dalam 1 acara tidak mudah,” ungkap Prof. Djoko.

Lakon yang akan dibawakan ini juga didemokan oleh para seniman dengan melukis secara langsung saat pentas sedang berlangsung. Pelukis yang dihadirkan yaitu Sigit Purnomo Adi, Jazuli A Moenib, I Gusti Ngurah Tri Marutama, dan Susdiyantoro. Kemudian, penjelasan mengenai lakon wayang ini juga dipaparkan oleh Dekan FIB UNS, Prof. Warto.

Dekan FEB UNS berharap hal ini dapat menjadi titik awal menuju peradaban yang bagus agar dapat mengenal cara mewujudkan hubungan yang bagus dengan Tuhan, alam, dan sesama manusia.

0 comments on “PANGARIBAWANING CATUR DHARMA Kolaborasi 3 Fakultas (FEB, FIB, FSRD)

Leave a Reply

Your email address will not be published.