Introduction

KUBISME DAN PERSPEKTIF (General Lecture dan Workshop)

KUBISME DAN PERSPEKTIF (General Lecture dan Workshop)

Dalam program general lecture dan workshop yang diselenggarakan pada 22-28 April 2016 ini FSRD UNS bekerja sama dengan Studio Plesungan menghadirkan dua pembicara dari Jerman, yaitu David Reuter (Jerman) dan Sabine Beyerle (Jerman)

 

David Reuter (1964) berasal dari Berlin. Dia merupakan seorang seniman dan pengajar seni rupa, action art and theatre, dan kurator seni, Sejak tahun 1997 hingga kini, David telah memiliki pengalaman berkarya dan mengajar di beberapa sekolah dan beberapa perguruan tinggi seni di Jerman sebagai Profesor dibidang action art danteater. David telah banyak terlibat diberbagai pameran dan proyek seni komunitas di banyak negara termasuk di  Jerman, Venezuela, Peru, Bolivia, Namibia, Maroko, Tanzania, Portugal, dan Nigeria.

 

Sabine Beyerle (1975) tinggal dan bekerja di Berlin. Sabine adalah seorang pelukis dan telah banyak mengikuti proyek action art dan juga sebagai penata desain panggung untuk berbagai pertunjukan teater di Berlin. Karya-karya Sabine merupakan lukisan di atas kanvas maupun diproyeksikan melalui video.

 

Saat ini David Reuter, Sabine, dan kedua anak mereka (Nelio dan Liam) melakukan perjalanan keliling dunia yang akan memakan waktu kurang lebih satu tahun, yang mereka sebut dengan proyek Utopian Travels. Di perjalanan ini mereka ingin menjelajahi dunia melalui seni, dan mencoba melihat apa yang mungkin bisa mereka temukan. Mereka ingin beristirahat sejenak dari kesibukan mereka di Berlin, mencari tantangan hidup, mencari sebuah kesatuan dalam seni, kehidupan, anak-anak, dan keluarga. Karena pada saat ini mereka memutuskan untuk mendidik anak-anak mereka sendiri dan tidak memasukkan ke sekolah formal. Dengan perjalanan ini, mereka sangat berharap bisa bertemu teman-teman lama dan baru, sesuatu yang benar-benar baru dan tidak terduga, serta menjelajahi segala kemungkinan dalam berkesenian.

Beberapa Negara yang sudah dikunjungi dalam proyek Utopian Travel ini antara lain: New York,  Vashon Island, Reno, Japan, Vietnam, Laos, Chiang Mai, Myanmar, Thailand, Kambodia, Taiwan, Indonesia (Bali, Bandung, Solo).Dan berikutnya mereka akan mengadakan perjalanan ke India, dsb

 

Kehadiran mereka berdua dalam acara general lecture dan workshop eksperimen kreatif di Universitas Sebelas Maret dan Studio Plesungan, membawa tema Kubisme dan Perspektif. Melalui tema tersebut mereka berdua ingin membangun beragam perspektif dalam sebuah bangunan visual dimana setiap orang bisa masuk dan mendapatkan pengalaman visual. Workshop akan menghasilkan beberapa jenis karya visual; instalasi, sculpture, foto, video, dan seni performance.

Hubungan Internasional FSRD UNS

kobis6 kobis 7 IMG20160426104515 IMG20160426104623 IMG20160426104803 IMG20160426104850

0 comments on “KUBISME DAN PERSPEKTIF (General Lecture dan Workshop)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *