Gambar 1 Screenshot Video Animasi

Sumber: Penulis, 2020

(Surakarta, Juli 2020). KKN UNS Covid-19 Merupakan suatu program dari Universitas Sebelas Maret (UNS). Adanya KKN UNS Covid-19 ini terjadi dikarenakan kondisi masyarakat saat ini sedang menghadapi Pandemi Covid-19. Pelaksanaan kegiatan KKN ini dilakukan di desa/kelurahan tempat tinggal masing-masing, dan juga KKN ini dilaksanakan oleh individu atau perseorangan. KKN Covid-19 dilakukan sebagai upaya pihak universitas peduli akan upaya menekan angka penyebaran Covid-19 di Indonesia, dimana Covid-19 sudah sangat merugikan segala aspek seperti ekonomi dan juga pendidikan.

  1. Fikri Ardiansyah merupakan mahasiswa Fakults Seni Rupa dan Desain UNS jurusan Desain Komunikasi Visual. Ia melakukan KKN Covid-19 pada tanggal 11 Juni – 12 Juli 2020 dengan programnya yaitu edukasi melalui animasi. Program KKN Covid-19 ini Ia lakukan di kelurahan Jebres RT/RW: 03/22, Jebres Surakarta. Ia mengatakan latar belakang memilih animasi sebagai media programnya yaitu karena saat ini animasi adalah sesuatu media komunikasi yang efektif untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat dan juga Animasi merupakan suatu media yang menarik untuk media edukasi.

“Animasi menurut saya adalah sesuatu media yang sangat komunikatif dan juga menarik. Masyarakat sekarang lebih senang menonton ketimbang membaca. Lebih senang visual yang bergerak ketimbang hanya suatu teks saja ataupun suatu teks yang memiliki ilustrasi seperti poster dll. Jika edukasi tentang pandemi Covid-19 dikemas melalu animasi itu adalah suatu media yang menarik untuk di lihat, diharapkan pesan yang terkandung dalam animasi itu efektif tersampaikan oleh masyarakat. Dan juga sekarang serba digital sehingga orang dapat melihat animasi bisa lewat gadget masing-masing, Tidak perlu kita keluar rumah dan itu cocok untuk kondisi saat ini. Sehingga menurut saya animasi merupakan media yang sangat efektif untuk edukasi tentang Covid-19.” Tuturnya.

Animasi yang ia buat ada 3 animasi diantaranya tentang; Pentingnya untuk rajin cuci tangan, pola makan bergizi dan seimbang selama pandemi covid-19, dan protokol kesehatan saat olahraga bersepeda di luar rumah. Masing-masing animasi tersebut kurang lebih berudrasi lebih dari 1 menit. Animasi yang Ia buat di sebarkan ke grup whatsapp warga RT/RW: 03/22 Kelurahan Jebres Surakarta.

Bukan edukasi melalui animasi saja, namun ia sendiri melakukan program yang lain seperti pembagian masker kain gratis untuk warga, pembagian hand sanitizer gratis, dan juga pemasangan poster tentang 6 langkah cuci tangan. Program kerja yang Ia lakukan tersebut dilakukan secara mandiri dan juga tetap menggunakan protokol kesehatan. Saat pembagian masker, pembagian hand sanitizer, dan juga pemasangan poster tetap menerapkan protokol kesehatan seperti pemakaian masker dan juga menjaga jarak.

Ia berterimakasih kepada Universitas selaku institut yang mengadakan program KKN Covid-19 dan juga kepada Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yaitu Deny Tri Ardianto, S.Sn., MA yang sepenuhnya mendukung pelaksanaan programnya.  Ia menilai program KKN Covid-19 ini membuat mahasiswa menjadi lebih membaur dengan masyarakat, lebih paham bagaimana kondisi yang terjadi di tempat tinggalnya sendiri, dan menjadikan pribadi yang bermanfaat untuk masyarakat dalam berkontribusi menekan angka penyebaran covid-19. Ia berharap programnya menjadi sesuatu hal yang bermnafaat untuk warga Kelurahan Jebres RT/RW: 03/22, Jebres Surakarta.

“Semoga animasi yang saya buat menjadi hal yang bermanfaat untuk warga. Masyarakat lebih paham akan pentingnya untuk rajin cuci tangan, kemudia masyarakat bisa semakin paham tentang protokol-protokol selama Pandemi Covid-19 ini. Bukan hanya paham semoga warga juga bisa menerapkanya dan juga mengajak orang lain dalam memutus rantai penyebaran Covid-19,” tutupnya.