Kegiatan studio visit adalah salah satu bentuk kerjasama AIFIS (American Institute for Indonesian Studies) melalui International Office FSRD UNS dengan Program Studi Seni Rupa Murni untuk mempererat hubungan kerjsama internasional antara Amerika Serikat dengan institusi-istitusi di Indonesia terutama dalam hal seni dan budaya.

Merupakan bentuk respon baik dari AIFIS serta Adam de Boer, dan kelanjutan dari kegiatan general lecture (kuliah umum) pada Senin, 4 Desember 2017 yang lalu.

Bertempat di Galeri Seni Rupa FSRD UNS, sebelum studio visit dimulai, kegiatan dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Akademik, Dr. Rahmanu Widayat, M.Sn. pada pukul 09.00 WIB dan diperkiran berakhir pada pukul 12.00 WIB.

Dihadiri oleh seluruh mahasiswa Program Studi Seni Rupa Murni FSRD minat Seni Lukis terutama 8 mahasiswa yang karyanya di review oleh Adam de Boer antara lain Andri Wijaya Kusuma, Chairol Imam, Dinia Agustia, Dionisius Krisnambudi, Hasyim Sitompul, Lahir Setya Budi, Susdiyantoro, dan Yolanda Wahyu, serta dosen Program Studi Seni Rupa Murni.

Satu persatu mahasiswa diminta untuk mempresentasikan karya mereka terkait konsep, pesan (isi) serta teknik yang digunakan, kemudian Adam memberi kritik dan saran semacam kuratorial kepada mahasiswa.

Diharapkan dengan diselenggarakan kegiatan ini mahasiswa minat Seni Lukis dapat meningkatkan kualitas ditinjau dari aspek estetika bentuk rupa, konsep, dan kebaruan pada karya yang dihasilkan.