Gambar 1 Penyerahan Masker Kepada Warga dan Penempelan Poster

Sumber: Penulis, 2020

(Wonogiri, Agustus 2020) – Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang diselenggarakan Universitas Sebelas Maret (UNS) tahun ini berbeda dari sebelumnya. Program ini disebut KKN UNS Covid-19 yang merupakan bentuk partisipasi nyata UNS dalam menanggapi masa pandemi covid-19. KKN kali ini dilaksanakan oleh mahasiswa di lingkungan tempat tinggalnya masing-masing secara individu dengan tetap menerapkan protokol kesehatan seperti menjaga jarak minimal satu meter dengan orang lain, menggunakan masker, dan rajin mencuci tangan dengan sabun atau handsanitaizer.

Salah satu mahasiswa yang mengikuti program KKN UNS Covid-19 periode Juni- Juli di daerah pelosok Kabupaten Wonogiri adalah Pradnyaparamita Maharatu Hanjrahingrat yang merupakan mahasiswa Program Studi (Prodi) S1 Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni Rupa dan Desain UNS. Pradnyaparamita mengatakan bahwa kegiatan yang dilakukanya berupa sosialisasi kepada warga di lingkungan sekitar tentang bahaya dan pencegahan covid-19 menggunakan media poster digital dan animasi melalui Whatsapp serta media cetak poster dan banner. Menurutnya bentuk sosialisasi yang disertai ilustrasi akan lebih mudah diterima dan dipahami oleh masyarakat.Selain itu, kegiatan lainya adalah pemberian masker kepada warga agar bisa digunakan warga ketika keluar rumah atau sedang bekerja diluar sehingga tidak terpapar virus covid-19 serta bantuan bahan disinfektan yang kemudian dilakukan penyemprotan bersama pemuda lingkungan warga dan tempat umum.

“Walaupun sendiri, saya sangat terbantu dengan keterbukaan warga sekitar, mereka sangat antusias dan mau bekerjasama dalam menjalankan program kegiatan yang saya ajukan untuk mencegah covid-19. Saya yakin jika semua masyarakat bisa saling bekerjasama seperti ini, musim pandemi covid-19 bisa cepat berakhir” ujar Pradnyaparamita.