Gambar 1 Pembagian Pembagian masker kepada pedagang Pasar Garongan

Sumber: Penulis, 2020

(Karanganyar, Juli 2020) – Pencegahan persebaran Covid-19 di Kabupaten Karanganyar khususnya di beberapa tempat umum perlu diperhatikan supaya angka pertambahan kasus positif dapat ditekan. Salah satu yang menjadi perhatian khusus adalah Pasar. Di desa Malanggaten, Kecamatan Kebakkramat, terdapat satu pasar yang menjadi pusat kegiatan jual beli bagi warga desa tersebut, yaitu pasar Garongan. Oleh karena itu, kami dalam program KKN (Lukas Ardandireza C0717035 dibimbing Dr. Deny Tri Ardianto, S.Sn., MA) melakukan beberapa kegiatan untuk meningkatkan pemahaman tentang Covid-19 bagi masyarakat desa Malanggaten khususnya orang-orang di pasar, lingkungan di sekitarnya. Adapun program tambahan yaitu pembuatan dan pemasangan MMT edukasi Covid-19 di SD Kristen Karanganyar.

Program kerja KKN berjalan dengan lancar selama 32 hari. Beberapa program yang dilaksanakan mendapat respon yang baik dari pedagang, warga dan anak-anak siswa. Beberapa program yang dilakukan yaitu penempelan poster, sosialisasi, pembagian masker, pembagian hand sanitizer, pembagian materi tentang Covid-19 kepada warga desa Malanggaten dan pembagian materi tentang Covid-19 kepada anak-anak siswa binaan Kampung IT dan Bahasa Inggris desa Malanggaten secara daring.

Beberapa poster yang ditempelkan di pasar dapat menambah pengetahuan tentang Covid-19 bagi pedagang dan pembeli. Himbauan untuk memakai masker dan menjaga kebersihan kepada para pedagang menjadi efektif dilakukan ketika masker dan hand sanitizer dibagikan gratis juga kepada mereka. “menika diparingi mas? maturnuwun nggih mas” ungkap salah satu pedagang, atau dalam bahasa Indonesia berarti “ini diberikan gratis ya mas? Terimakasih mas”.

KKN ini mendapat tanggapan positif dari warga desa Malanggaten ketika beberapa poster dibagikan baik ketika ditempelkan maupun dibagikan melalui grup whatsapp. Penyebaran animasi juga membuat warga lebih tertarik untuk menerima informasi tentang Covid-19. Pembuatan materi Covid-19 bagi anak-anak siswa binaan Kampung IT dan Bahasa Inggris mendapat respon positif dari pembimbing dan siswa karena informasi tentang Covid-19 dapat mereka terima dengan lebih mudah.

Pemasangan MMT tentang Covid-19 di halaman SD Kristen Karanganyar  juga membantu informasi terbaca dengan jelas.  “MMT yang berisi tentang pengetahuan Covid-19 ini sangat menarik, orang-orang yang datang ke sekolah ini pasti akan melihat dan membaca” ungkap Aris Sugiyarti selaku guru SD Kristen Karanganyar.