Gambar 1 Pembagian masker dan hand sanitizer di pasar Kajoran

Sumber: Penulis, 2020

(Kajoran, Juli 2020)  –  Kabupaten Magelang merupakan salah satu wilayah yang telah menerapkan New Normal dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan kepada setiap masyarakat. Tetapi beberapa wilayah dalam Kabupaten Magelang masih ada yang belum menerapkan protokol kesehatan bagi diri sendiri dan orang lain, khususnya daerah terpencil yang jauh dari kota. Maka dari itu, KKN UNS menyelenggarakan kegiatan yang bisa membantu dalam pemahaman masyarakat terhadap Covid-19 yang terjadi saat ini, diharapkan agar bisa membantu dalam pencegahan Covid-19.

Salah satu peserta mahasiswa dari KKN UNS Covid-19 dari Fakuiltas Seni Rupa dan Desain program studi s1 Desain Komunikasi Visual, yaitu Silmi Widya Alfarosa mengikuti kegiatan tersebut di Desa Kajoran. Kegiatan ini dilaksanakan karena masih banyak warga yang mengabaikan pentingnya melakukan protokol kesehatan diluar rumah, khususnya kegiatan jual beli di pasar Kajoran. Program dari KKN ini ialah membagikan masker dan hand sanitizer gratis sebagian besar kepada warga yang sedang beraktivitas di pasar dan masyarakat sekitar yang belum mematuhi protokol kesehatan. Menempelkan poster di sekitar pasar dan beberapa tempat strategis sekitar desa Kajoran, agar warga lebih mengerti tentang pentingnya penerapan protokol kesehatan. Dan agar pemahamannya lebih meluas, fleksibel, efesien, disebarnya animasi dan poster digital ke grup masyarakat Kajoran melalui whatsaap.

“Dengan membantu pemahaman covid-19 kepada warga Kajoran khususnya di pasar, dengan program KKN UNS yaitu membagikan masker, hand sanitizer, menempelkan poster, membagikan animasi juga poster digital lewat whatsaap, saya berharap warga nantinya akan memahami secara baik tentang pentingnya penerapan protokol kesehatan bukan hanya untuk diri sendiri, tetapi untuk bersama juga” tutur Silmi.