Gambar 1 Proses SOSIALISASI PROTOKOL NEW NORMAL KEPADA PEDAGANG MAKANAN

Sumber: Penulis, 2020

(Tangerang, Juli 2020) – Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo tetap menjalankan kuliah kerja nyata (KKN) di tengah pandemi Covid-19. Dilakukan secara individu  dan berbakti di daerah masing-masing, Prof. Jamal Wiwoho, rektor UNS, menerangkan KKN Covid-19 UNS ini ditujukan untuk menerapkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang dapat membawa manfaat bagi masyarakat.

Salah satu mahasiswa yang menjalani KKN Covid-19 adalah Klara Yolenta Tendean (C0717034) dengan dibimbing oleh Dr. Deny Tri Ardianto, S.Sn.,MA. KKN dengan tema “Edukasi Protokol New Normal untuk Pedagang Makanan Gerobak dan Masyarakat di Desa Pakulonan Barat” ini dijalankan selama 33 hari.  Program yang dilakukan adalah memberikan edukasi dan bantuan perlengkapan untuk 80 pedagang makanan gerobak dan membagikan poster dan video secara daring mengenai pembatasan jarak fisik dan protokol new normal.

Bantuan yang diberikan kepada pedagang makanan gerobak berupa masker kain, sarung tangan latex (1x pakai), serta stiker pengingat untuk menjaga jarak fisik dan menjaga kebersihan. Hand sanitizer juga diberikan kepada kumpulan pedagang di suatu tempat. Bantuan perlengkapan yang diberikan dikemas dalam plastik sehingga terjaga kebersihannya. Proses pengemasannya juga dilakukan dengan memperhatikan kebersihan (menggunakan sarung tangan latex) sehingga bantuan yang diberikan tidak terkontaminasi.

Para pedagang makanan gerobak mengapresiasi bantuan perlengkapan dalam menghadapi era new normal. Masyarakat juga merasa senang dan berterima kasih atas sosialisasi yang diberikan mengenai pembatasan jarak fisik dan protokol new normal.