Audiensi mahasiswa dan dosen prodi desain interior FSRD UNS merupakan salah satu acara yang diselenggarakan untuk menjembatani komunikasi antara dosen dan mahasiswa dalam rangka kegiatan belajar mengajar serta perbaikan sarana dan prasarana yang mendukung nya. Audiensi dilaksanakan pada 5 Oktober 2017 di Ruang Seminar Fakultas Ilmu Budaya. Kegiatan ini dihadiri oleh Dosen dan Mahasiswa Prodi Desain Interior mulai angkatan 2013 hingga 2017, sebanyak 95 orang mahasiswa.

Kegiatan audiensi dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Akademik, Dr. Rahmanu Widayat, M.Sn., dalam sambutannya beliau mengungkapkan bahwa Prodi Desain Interior sedang gencar-gencarnya melakukan perbaikan mutu pendidikan utamanya pada peningkatan kualitas tenaga pengajar, ada 4 orang dosen Prodi Desain Interior yang sudah dan sedang menyelesaikan pendidikannya di Luar Negeri sebagai upaya ke arah tersebut.

Kepala Prodi Desain Interior dalam paparannya juga menekankan pada kualitas pendidikan di Prodi Desain Interior. Salah satunya adalah dengan mentargetkan akreditasi Prodi Desain Interior pada tahun 2017 pada peringkat “A”. Sedangkan Pembimbing Kemahasiswaan Prodi Desain Interior menekankan bahwa, audiensi merupakan salah satu upaya untuk membangun komunikasi dan transparansi antar mahasiswa, dosen, dan pengelola prodi, agar terjaring masukan-masukan untuk perbaikan ke depan.

Hal-hal yang menjadi masukan dan saran dari mahasiswa pada pelaksanaan audiensi diantaranya; tentang laboratorium yang ada di Prodi dan ruang studio mana saja yang bisa dimanfaatkan untuk kegiatan perkuliahan, tentang koleksi perpustakaan dan sarana perpustakaan on line yang bisa diakses, tentang ruang perkuliahan yang bisa digunakan untuk mengerjakan tugas/penelitian mahasiswa diluar jam perkuliahan, serta pentingnya mahasiswa dalam berorganisasi atau memiliki komunitas. Komunitas dan Organisasi mampu mendidik mahasiswa untuk bekerja dalam tim, mengatur waktu, berdisiplin, dan mengatur target yang realistis. Sesi tanya jawab berjalan dengan lancar, antara mahasiswa dan dosen memberikan masukan dan saran untuk saling memahami kondisi Prodi Desain Interior saat ini.

Audiensi ditutup dengan informasi bagi mahasiswa Desain Interior mengenai kerjasama yang sudah dilakukan dengan Poh-Chang University Thailand. Poh-Chang University Thailand menawarkan program student exchange agar mahasiswa dapat mengembangkan diri dan menimba pengalaman kuliah di Luar Negeri.(elt)