Introduction

DOSEN DKV UNS MELAKUKAN PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA AJAR DI SMK MUHAMMADIYAH 3 GEMOLONG

DOSEN DKV UNS MELAKUKAN PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA AJAR DI SMK MUHAMMADIYAH 3 GEMOLONG

Dosen UNS Melakukan Pengabdian Masyarakat di SMK Muhammadiyah 3 Gemolong, Dosen Prodi Desain Komunikasi Visual,  Fakultas Seni Rupa dan Desain.

Universitas Sebelas Maret yang tergabung dalam Grup Riset (RG) “Desain dan Media Baru” yang diketuai oleh Dr. Deny Tri Ardianto, S.Sn., M.A  dan beranggotakan : Anugrah Irfan Ismail, S.Sn., M.Sn, Rudy W. Herlambang, S.Sn., M.Sn, Sayid Mataram, S.Sn., M.Sn, Arif Ranu Wicaksono, S.Kom., M.Kom. Melalui  SKIM Hibah : Hibah Grup Riset (HRG-UNS), Bidang Unggulan : Seni  dan Budaya / Industri Kreatif.

Pembukaan Pelatihan dilakukan langsung oleh ketua Grup riset Bpk. Dr. Deny Tri Ardianto, S.Sn., M.A  dan kemudian disambut oleh Kepala Sekolah Ibu. Titing Luthfa., S.Ag.

Program Pengabdian masyarakat di SMK Muhammadiyah 3 Gemolong berupa Pelatihan Pembuatan Media Ajar Berbasis Green Screen, kegitan ini dilaksanakan pada 29 Juni 2022 secara luring di Gedung Aula SMK Muhammadiyah 3 Gemolong dengan 2 Narasumber. Narasumber pertama Bpk. Dr. Deny Tri Ardianto, S.SN., M.A (Dosen DKV UNS) dengan materi : Pengantar Perancangan Produksi Media ajar Berbasis Green Screen, sedangkan pemateri kedua : Bpk. Yanuar Dwi Cahyanto, S.Sn (Profesional Videografer) dengan materi : Paktik Membuat Video Ajar dengan Smartphone.

Kegiatan Pelatihan Pembuatan Media Ajar Berbasis Green Screen ini diikuti oleh 30 Guru SMK Muhammadiyah 3 Gemolong, kegiatan ini menggunakan protokol kesehatan yang ketat. Narasumber memaparakan dan mempraktikkan Langkah-langkah pembuatan video ajar berbasis green screen.

Antusiasme dari peserta pelatihan dalam mengikuti paparan para narasumber sangat bagus, karena kebutuhan informasi mengenai perkembangan media ajar sangat dibutuhkan oleh para pengajar sekolah menengah. Pengenalan berbagai peralatan penunjang dan fungsinya memberikan banyak informasi yang dibutuhkan untuk menciptakan video dan memperdiksi kebutuhan terkait anggaran. Ragam Langkah kreatif sebagai trik penciptaan karya video bahan ajar juga menambah antusiasme tersebut.

0 comments on “DOSEN DKV UNS MELAKUKAN PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA AJAR DI SMK MUHAMMADIYAH 3 GEMOLONG

Leave a Reply

Your email address will not be published.