Introduction

Dosen DKV FSRD UNS Melakukan Kegiatan P2M Untuk Mengembangkan Nilai Produk Makanan UMKM “Tata Brownis” Di Colomadu Karanganyar.

Dosen DKV FSRD UNS Melakukan Kegiatan P2M Untuk Mengembangkan Nilai Produk Makanan UMKM “Tata Brownis” Di Colomadu Karanganyar.

 

Kegiatan Pengabdian Masyarakat Dari Riset Grup “Desain Dan Humaniora”, Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni Rupa Dan Desain, Uns, Dilakukan Di Tata Brownis Desa Gedongan, Colomadu Karanganyar. Kegiatan Yang Didanai Hibah Grup Riset (HGR) – Uns Tersebut Berjudul : Pengembangan Desain Kemasan Dan Media Sosial Usaha Brownies Untuk meningkatkan Nilai Produk Makanan Umkm Di Desa Gedongan Colomadu Karanganyar. Pengabdian Masyarakat ini diketuai oleh Dr. Bedjo Riyanto, M.Hum, yang beranggotakan Jazuli Abdin Moenib, S.Sn.M.Hum., Dr. Andreas Slamet Widodo,M.Hum, Esty Wulandari, S.Sos.,M.Si., Lalita gilang, M.Ds., Drs. M.Suharto, M.Sn dan

Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan Usaha Masyarakat Kecil Menengah dalam mempromosikan produknya untuk menaikkan perekomian di daerah tersebut. Pengembangan inovasi Desain Kemasan dan Promosi Melalui Media Sosial untuk makanan usaha kecil masyarakat desa melalui inovasi Desain Kemasan dan Promosi Melalui Media Sosial. Dengan mengembangkan identitas Visual Branding agar produk ini lebih menarik dan sesuai pasar, serta meningkatkan nilai jual Brownies.
Perancangan yang telah dilakukan dalam mambantu usaha brownis ini yaitu Desain Logo, stiker/Label, dan mambantu mempromosikan produk Tata Brownis melalui Instagram, serta membantu membuatkan konten rancangan Instagram Feeds. Kegiatan awal dilakukan bulan Agustus dan finalisasi rancangan dan promosi dilakukan mulai bulan Oktober.

Selain itu tim juga memberikan arahan serta bekal secara teknis, terkait cara dan strategi pemasaran secara online, teknis pengemasan yang baik, serta menentukan kualitas packaging yang sesuai dengan produknya yaitu brownis, cake, kue ulang tahun, kue kering, dll, agar pihak pengusaha (Tata Brownis) mampu mengembangkan beberapa varian dan jenis cake/kue yang sesuai pangsa pasar.

Dengan kegiatan ini diharapkan UMKM cake brownis dan makanan di daerah Gedongan Colomadu akan berkembang dan mengalami peningkatan nilai produksi, yang secara otomatis menaekkan perekonomian baik secara personal maupun lingkup area desa. Tim HGR setelah melakukan promosi terhadap Tata Brownis, akan melakukan survey hasil dan analisis terhadap promosi yang telah dilakukan, selain itu juga pemantauan terhadap kenaikan nilai jual dari produk Tata brownis, sampai terpenuhi target yang sesuai dengan harapan.

0 comments on “Dosen DKV FSRD UNS Melakukan Kegiatan P2M Untuk Mengembangkan Nilai Produk Makanan UMKM “Tata Brownis” Di Colomadu Karanganyar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *