Edukasi Seni untuk Anak SD di Kampung Njawani: Mahasiswa Prodi Seni Rupa FSRD UNS Wujudkan Proker MBKM dengan Kreativitas

FSRD – Empat mahasiswa Program Studi (Prodi) Seni Rupa Murni Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar program edukasi seni untuk anak-anak SD Al-Islam Gebang Surakarta di halaman Kampung Njawani pada Rabu (6/11/2024) dan Kamis (7/11/2024. Program ini merupakan bagian dari salah satu Proyek Kerja (Proker) Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang bertujuan untuk mengembangkan kreativitas dan imajinasi anak-anak melalui seni menggambar dan mewarnai. 

Kegiatan ini berlangsung dari pukul 15.00 hingga 17.00 dengan suasana yang interaktif dan inspiratif. Anak-anak diajarkan dasar-dasar menggambar anatomi secara sederhana dan menyenangkan, sekaligus diajak untuk mengeksplorasi imajinasi mereka melalui warna dan bentuk. Para mahasiswa berperan aktif dalam mendampingi peserta untuk mengekspresikan ide kreatif mereka secara bebas.  Sebagai puncak acara, di hari terakhir diadakan pengumuman tiga juara terbaik yang menampilkan karya seni paling kreatif dan inspiratif. Ketiga pemenang tersebut menerima apresiasi berupa hadiah menarik sebagai bentuk motivasi untuk terus mengembangkan potensi mereka di bidang seni. 

Program ini mendapatkan sambutan positif dari masyarakat Kampung Njawani, yang mengapresiasi inisiatif mahasiswa dalam mendukung pengembangan kreativitas anak-anak sejak usia dini. Sebagai bagian dari MBKM, kegiatan ini tidak hanya memberikan pengalaman belajar bagi anak-anak, tetapi juga menjadi sarana bagi mahasiswa untuk menerapkan ilmu seni rupa secara langsung dalam masyarakat. 

Mahasiswa penyelenggara berharap program ini dapat berlanjut dan menjadi inspirasi untuk pelaksanaan kegiatan serupa di lokasi lain. Program ini juga diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata dalam memperkenalkan seni sebagai medium pembelajaran yang menyenangkan dan bermanfaat bagi anak-anak. 

Humas FSRD UNS 2024

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *