PELATIHAN MEMANFAATKAN TEKNOLOGI KOMPUTER GRAFIS UNTUK MENDESAIN CORAK BATIK

FSRD – Riset Grup Tekstil Tradisi dan Kontemporer, Program Studi Kriya Seni / Tekstil Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Unversitas Sebels Maret (UNS) Surakarta, kembali mengadakan pelatihan keterampilan membuat desain corak, sebagai bagian dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan setiap tahunnya. Kali ini pelatihan memanfaatkan teknologi komputer grafis untuk membuat inovasi desain batik di Usaha Batik Pandansari, Plupuh, Sragen, Jawa Tengah.

 

Pelatihan yang akan berlangsung dalam lima kali pertemuan ini, terdiri dari satu kali pertemuan tatap muka dan empat kali pertemuan daring;  bertujuan untuk membantu memecahkan masalah yang banyak dihadapi oleh pemilik usaha dalam pembuatan motif batik, seperti kekurangan ide dalam pengembangan desain, diperlukan percepatan waktu bekerja terutama di saat banyak pesanan.

Kegiatan diisi dengan penjelasan tentang dasar-dasar penggunaan aplikasi komputer grafis, baik yang berbasis vector dan basis picxel dengan media Correl Draw untuk membuat motif batik; yang dilakukan secara tatap muka. Empat pertemuan selanjutnya  dilakukan secara online melalui media zoom di setiap hari Sabtu, mulai tanggal 4 Mei sampai dengan 25 Mei 2024.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *