Kreatif dalam Mengasah Keterampilan Motorik dengan Seni Papercraft oleh Kelompok MBKM Sekelas FSRD UNS

FSRD – Art Class Seni yang ke 4 dari MBKM Sekelas Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Universitas Sebelas Maret (UNS) hadir lagi dengan kesenian papercraft yang dapat mengasah keterampilan motorik halus. Kegiatan kelas seni ini berlangsung di Galeri Solo is Solo lantai 2 pada Sabtu (11/05/2024). Bersama dengan Bu Dyah Yunikurniawati S.Sn., M.Sn selaku pembimbing dari Kelompok MBKM, acara ini berlangsung lancar dan tentunya dapat memberikan edukasi yang bermanfaat bagi para pesertanya.

Papercraft merupakan kreativitas yang memungkinkan untuk diekspresikan melalui pilihan warna, tekstur, dan detail tambahan yang diberikan pada objek kertas tersebut. Ini adalah aktivitas yang populer di kalangan pecinta seni dan kerajinan tangan, serta dapat menjadi proyek yang menyenangkan untuk dilakukan bersama dengan keluarga atau teman-teman.

Papercraft sendiri merupakan sebuah kesenian membuat objek tiga dimensi dari kertas, biasanya menggunakan cetakan yang sudah memiliki pola dan dapat dilipat atau dipotong sesuai dengan pola gambar yang ada. Objek yang digunakan untuk papercraft bisa berupa bangunan miniature, kendaraan, tokoh-tokoh kartun, hingga karakter-karakter dari permainan video atau film. Ini adalah aktivitas kesenian kertas yang membutuhkan ketelitian dan keterampilan tangan yang baik.

Art Class Papercraft ini diketuai oleh Abbiyu yang menuturkan bahwa manfaat dari bermain-main dengan kreativitas kertas ini antara lain dapat menyalurkan hobi kreatif yang menyenangkan bagi para peserta, meningkatkan keterampilan motorik halus, membangun kesabaran, serta mengasah imajinasi dan menjadikannya karya dalam wujud nyata.

Humas FSRD UNS 2024

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *