FSRD UNS Bekerjasama dengan PIK POTADS Jawa Tengah Gelar Peringatan Hari Down Syndrome Dunia

FSRD – Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Universitas Sebelas Maret (UNS) bekerjasama dengan PIK POTADS Jawa Tengah menggelar peringatan Hari Down Syndrome Dunia (HDSD) 2024 pada Minggu (3/3/2024). Kegiatan ini juga merupakan bentuk kolaborasi untuk memeriahkan acara Dies ke-48 UNS.

Dengan tema “End The Stereotypes : Cause We’re Creative, Independent and Potential”, acara ini dibuka oleh Plt. Wakil Dekan Akademik, Riset, dan Kemahasiswaan, Dr. Deny Tri Ardianto, S.Sn., Dipl. Art., dengan disaksikan oleh beberapa tamu undangan. Tamu undangan dari Kaprodi DKV FSRD UNS Dr. Jazuli Abdin Munib, M.Hum, serta perwakilan dari Dinsos Provinsi Jawa Tengah, Dinsos Surakarta, Dinsos Sragen, Dinsos Sukoharjo, Dinsos Karanganyar serta perwakilan dari Bupati Wonogiri, 

Acara ini bertujuan untuk merayakan Hari Down Syndrome Dunia yang jatuh pada 21 Maret.  Serta untuk mesosialisasikan keberadaan anak-anak down syndrome di tengah masyarakat dan untuk menghapus stigma-stigma negatif terhadap penyandangnya. Sebanyak 150 peserta  dari berbagai wilayah di Jawa Tengah : Solo, Klaten, Boyolali, Sragen, Karanganyar, Sukoharjo, Wonogiri, Semarang, Temanggung, Pemalang dan Kebumen akan turut serta memeriahkan event ini. 

Event HDSD 2024 ini menampilkan berbagai pertunjukan seni anak-anak down syndrome, seperti menari, menyanyi, fashion show, crafting, finger paint serta bazar yang diikuti oleh perwakilan anggota di seluruh Jawa Tengah dengan pendampingan beberapa Dosen FSRD UNS, yakni Anugrah Irfan Ismail, S.Sn., M.Sn., Ercilia Rini Octavia, S.Sn., M.Sn., Joko Lulut Amboro, S.Sn., M.Sn., Novita, S.Sn., M.Sn beserta beberapa mahasiswa FSRD.

Event yang dikemas dengan apik ini mendatangkan artis ibukota yakni Erik Estrada untuk bersama-sama bermain, show, dan melakukan serangkaian kegiatan kreatif dengan anak-anak down syndrome PIK POTADS Jawa Tengah. Sesuai harapan dari Ketua Panitia, Bunda Lulu Haryani beserta Bunda Ketua PIK POTADS Jateng, kegiatan ini diharapkan dapat merubah stigma dalam masyarakat terhadap penyandang down syndrome bahwa sebenarnya mereka mampu didik, mampu latih, mampu mandiri dan berpotensi.

Dengan semangat “AKU ADA, AKU BISA” Event HDSD 2024 menjadi acara yang tidak terlupakan bagi anggota PIK POTADS Jawa Tengah dan masyarakat.

Humas FSRD UNS 2024

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *