Mahasiswa Prodi Seni Rupa Murni FSRD UNS Gelar Workshop \\\\\\\”Lukis Toys\\\\\\\”

FSRD – Mahasiswa Program Studi (Prodi) Seni Rupa Murni Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Universitas Sebelas Maret (UNS) Gelar Workshop \\\\\\\”Lukis Toys\\\\\\\” pada Rabu (29/11/2023). Kegiatan ini dimulai pukul 09.00 WIB dan berakhir pukul 11.30 WIB. Workshop ini digelar salah satunya untuk memenuhi penugasan mata kuliah Stadium General.

Model art toys yang digunakan pada workshop kali ini berbahan dasar dari bubuk gypsum. Terdapat 4 jenis bentuk model, diantaranya kucing, anjing, tengkorak dan beruang. Peserta workshop yang hadir dipersilahkan berkreasi dengan warna yang sudah disediakan oleh panitia.

Acara ini diawali dengan pemaparan materi singkat oleh panitia terkait sejarah toys. Toys yang digunakan sebagai media workshop kali ini pada mulanya akrab disebut dengan nama urban toys. Urban toys biasanya hanya di produksi dengan kisaran 50 – 2.000 buah per model, sehingga julukan limited edition melekat pada toys ini. Urban Toys dibuat oleh seorang designer, mulai merambah dan dikenal oleh publik pada tahun 1997 di Hongkong sebagai bentuk perlawanan dari permainan mainstream yang sudah ada.

\\\\\\\"\\\\\\\" \\\\\\\"\\\\\\\"

Mainan ini di populerkan oleh Michael Lau dengan gaya street fashion ala penyanyi hip hop pada modifikasi boneka miliknya. Michael menggerakkan khalayak untuk menciptakan permainan baru bernama urban toys yang bersifat fleksibel dan adaptif, sehingga dapat berubah kegunaannya seiring waktu seperti disilangkan dengan model urban toys lain. Beberapa toys yang sudah mendunia diantaranya Bearbrick, Qee, Palyimaginative, Kaws, dan sebagainya. Material pembuatan urban toys juga beragam, mulai dari vynil (PVC), plastik, hingga kayu.

Inti acara dari workshop ini adalah pelukisan toys bersama.Workshop berjalan dengan lancar dan dihadiri oleh total 65 peserta dari berbagai fakultas, yaitu Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Pertanian (FP), dan mahasiswi Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta. Antusiasme peserta terlihat dari warna warni cat yang mereka torehkan pada toys. Acara ini ditutup dengan foto bersama toys yang telah di warna.

Humas FSRD UNS 2023

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *