Kelompok Hibah MBKM 668 Prodi Seni Rupa Murni FSRD UNS Gelar Pengabdian Masyarakat di Karanganyar

FSRD – Kelompok Hibah MBKM 668 dari Program Studi (Prodi) Seni Rupa Murni, Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Universitas Sebelas Maret (UNS) menggelar kegiatan pengabdian masyarakat di Karanganyar. Kelompok tersebut memiliki program kerja yang berfokus pada pendampingan proses produksi, branding dan pemasaran lilin aromaterapi dari pemanfaatan limbah minyak jelantah dan potensi alam berupa bambu sehingga menghasilkan produk kreatif unggulan Desa Pereng, Kecamatan Mojogedang, Kabupaten Karanganyar.

Salah satu kegiatan yang telah terlaksana pada Jum’at, 3 November 2023, yaitu workshop pembuatan lilin aromaterapi. Workshop dimulai dari penjelasan alat dan bahan serta fungsinya, kemudian lanjut pada langkah pembuatan lilin aromaterapi yang dijelaskan secara bertahap dan perlahan kepada para warga Dusun Pojok yang hadir.

\\\\\\\"\\\\\\\" \\\\\\\"\\\\\\\"

Kegiatan tersebut dihadiri oleh warga Dusun Pojok serta Bapak Sriyanto, S.Pd., selaku kepala Desa Pereng yang turut menyampaikan bahwa ketrampilan berupa pemanfaatan limbah minyak jelantah ini merupakan hal menarik. Selain bisa digunakan untuk pribadi, diharapkan dapat memberikan penghasilan tambahan untuk warga di sana.

Pengemasan yang baik merupakan salah satu aspek yang dapat memberikan daya tarik serta nilai lebih tersendiri pada suatu produk, sehingga perlu pendalaman melalui pelatihan terkait.

Kegiatan lain berupa workshop packaging (pengemasan) produk lilin aromaterapi juga telah dilaksanakan pada Selasa, 14 November 2023. Workshop tersebut bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada warga terkait pengemasan produk menggunakan ecobox dan pouch disertai aksesoris kartu ucapan dan varian aroma.

Humas FSRD UNS 2023

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *