FSRD Bersama Satgas PPKS UNS Gelar Sosialisasi Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di Kampus

FSRD — Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta bersama dengan Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (Satgas PPKS) UNS melaksanakan sosialisasi terkait dengan Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di lingkungan kampus. Diikuti oleh Dosen dan Tenaga Kependidikan FSRD UNS, sosialisasi dilaksanakan di Ruang Aula Gedung HB. Sutopo FSRD UNS pada Selasa (28/11/2023). Hadir perwakilan dari Satgas PPKS UNS adalah Siti Fadilah Imawati, S.T. (Sekretaris dan Anggota Satgas PPKS UNS Bidang Penanganan dan Pelaporan).

Dalam pemaparannya, Siti Fadilah Imawati, S.T. menyampaikan bahwa latar belakang dibentuknya Satgas PPKS diantaranya adalah bahwa dengan semakin meningkatnya kekerasan seksual yang terjadi  pada ranah komunitas termasuk perguruan tinggi secara langsung atau  tidak langsung akan berdampak pada kurang optimalnya penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi dan menurunkan kualitas pendidikan tinggi. Serta untuk mencegah dan menangani kekerasan seksual di  perguruan tinggi, perlu pengaturan yang menjamin kepastian hukum dalam  pencegahan dan penanganan kekerasan seksual di perguruan tinggi.

\\\\\\\"\\\\\\\"

Menurut Imawati, pelecehan dan kekerasan seksual diantaranya mencakup ujaran yang mendiskriminasi atau melecehkan tampilan fisik, kondisi tubuh, dan atau identitas gender korban. Menatap korban dengan nuansa seksual dan atau membuat tidak nyaman. Mengirimkan pesan, lelucon, gambar, foto, audio, dan atau video bernuansa seksual tanpa persetujuan korban.

Saat ini di perguruan tinggi khususnya Universitas Sebelas Maret (UNS) berusaha melakukan pencegahan kekerasan seksual di perguruan tinggi dengan cara sosialisasi terbentuknya SATGAS PPKS UNS, membuka layanan aduan kekerasan seksual, sosialisasi layanan aduan kekerasan seksual, pembuatan pedoman dan media informasi dan edukasi pencegahan kekerasan seksual, melakukan sosialisasi  PPKS ke organ UNS dosen, tendik, mahasiswa, dan masyarakat dan melakukan survei 6 bulan sekali.

\\\\\\\"\\\\\\\" \\\\\\\"\\\\\\\"

Sementara itu Plt. Wakil Dekan Perencanaan, Kerjasama Bisnis dan Informasi Fakultas Seni Rupa dan Desain FSRD UNS, Dr. Nooryan Bahari, M.Sn. menyambut baik dengan adanya Satgas PPKS di UNS. Dengan harapan adanya Satgas PPKS lingkungan kampus UNS akan menjadi tempat yang aman, nyaman dan bebas dari kekerasan seksual.

Humas FSRD UNS 2023

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *