Tunjukkan Kreativitas, Mahasiswa MBKM Desa Pereng Prodi Seni Rupa Murni FSRD UNS Gelar Pengabdian Pembuatan Mural

FSRD – Mahasiswa Kelompok Hibah MBKM 668 Program Studi (Prodi) Seni Rupa Murni Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Universitas Sebelas Maret (UNS) melaksanakan mural di Pendopo Balai Desa Pereng, Kec. Mojogedang, Kab. Karanganyar. Kegiatan Tim Hibah MBKM 668 terintegrasi dengan aktivitas Penelitian dan Pengabdian Hibah Grup Riset Pengkajian Seni yang dilakukan di Desa Pereng.

Beberapa program kerja utama telah dilaksanakan tepatnya di Dusun Pojok, sebagai mitra produksi “Teralili” yang merupakan nama produk lilin aromaterapi khas Desa Pereng.

Adapun salah satu program kerja penunjang lainnya adalah berupa pembuatan mural yang dilaksanakan di Pendopo Balai Desa Pereng dengan mengangkat tema tentang potensi desa. Desa Pereng terkenal dengan potensi alam yang melimpah dan pertunjukan seni reog yang banyak diminati.

Objek yang digambarkan adalah tradisi budaya sebelum sawah ditanami padi. Pembuatan mural di pendopo balai desa bertujuan sebagai penanda bahwa Desa Pereng merupakan Desa Kreatif. Selain itu hal ini juga bertujuan untuk memberikan motivasi kepada warga setempat untuk terus berkarya dan berinovasi.

Mural mulai digarap tepatnya pada Selasa, 5 Desember 2023.  Disertai dengan adanya dukungan dari pemerintah desa dan warga setempat, pembuatan mural ini selesai dalam waktu kurang lebih satu minggu.

Humas FSRD UNS 2024

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *