Sasana Sumewa Pagelaran Karaton Surakarta Hadiningrat Diramaikan Kegiatan TEXPLORATION S1 Kriya Seni FSRD UNS

FSRD – Sasana Sumewa Pagelaran Karaton Surakarta Hadiningrat nampak ramai dan meriah dengan adanya puncak acara Texploration yang diselenggarakan oleh Program Studi S1 Kriya Seni: Kuliah Desain Tekstil dan Fashion, Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Universitas Sebelas Maret (UNS) pada Minggu (17/12/2023). Penyelenggaraan kegiatan bekerjasama dengan Yayasan PSR (Pasederekan Solo Raya).

Acara Texploration menampilkan hasil perjalanan dan penjelajahan terbaru dunia tekstil dalam berbagai bentuk, baik karya maupun pemikiran. Agenda kegiatan meliputi: workshop, lomba dan apresiasi desain batik. Kegiatan sebagai salah satu bentuk menggali atau eskplorasi tekstil yang ada di Nusantara, diadakanlah kegiatan lomba desain batik dengan tema “Inovasi Motif Batik Daerah Nusantara”.

Dilaporkan oleh Dosen Pembimbing M. Rudianto, S.E., S.Sn., M.Sn. “Kegiatan Texploration terlaksana dengan kolaborasi berbagai pihak; dosen, mahasiswa, alumni serta pihak mitra sponsor dan media partner” ungkap Rudi. Karya peserta yang masuk dalam seleksi penjurian Tingkat Pelajar  SMA/SMK/MA/sederajad sejumlah 179 peserta dari berbagai sekolah di Indonesia, dan Peserta Tingkat Mahasiswa sejumlah 94 peserta dari berbagai perguruan tinggi. Penjurian dilakukan oleh 3 dewan juri dengan latar belakang sebagai praktisi dan akedemisi bidang desain motif dan produksi batik.

Penyerahan penghargaan kepada para pemenang oleh Plt. Wakil Dekan Akademik, Riset, dan Kemahasiswaan FSRD UNS; Dr. Deny Tri Ardianto, S.Sn., Dipl. Art. Didampingi oleh Kaprodi S1 Kriya Seni Dr. Theresia Widyastuti, M.Sn.

Apresiasi atas penyelenggaraan acara disampaikan oleh Plt. Wakil Dekan Akademik, Riset, dan Kemahasiswaan FSRD UNS, Dr. Deny Tri Ardianto, S.Sn., Dipl. Art. “Kegiatan sebagai wadah bagi mahasiswa untuk berprestasi dan berkegiatan di luar kampus, serta dapat menunjang IKU (Indikator Kinerja Utama) perguruan tinggi” ujar Dr. Deny.

Kegiatan lomba dilaksanakan dengan dua kategori yaitu: Tingkat Mahasiswa dan Tingkat Pelajar SMA/SMK/MA/sederajad secara Nasional. Menghasilkan karya-karya inovatif yang memadukan keindahan tradisi dengan sentuhan kontemporer. Pemenang lomba adalah sebagai berikut:

Tingkat Mahasiswa Nasional:

  1. Kelsyluna Violeta Meilianadena (Universitas Negeri Malang)
  2. Tahta Keanu Grahan (Universitas Sebelas Maret)
  3. Cokro Susanto (Universitas Islam Indonesia)

Tingkat Pelajar SMA/SMK/MA/sederajad Nasional:

  1. Elvin Jaelani (Smk Negeri 47 Jakarta)
  2. Mukhamad Adhi Firmansyah (MAN Kota Mojokerto)
  3. Erik Mukminin (MAN Kota Mojokerto)

Humas FSRD UNS 2023

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *