Kolaborasi dengan Teman Tuli, Mahasiswa Prodi Seni Rupa Murni FSRD UNS Gelar Pameran Seni dan Workshop

FSRD – Mahasiswa Program Studi (Prodi) Seni Rupa Murni Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Universitas Sebelas Maret (UNS) menggelar pameran seni dan workshop melukis pouch yang berkolaborasi dengan teman-teman tuli. Kegiatan ini berlangsung di Kanopi Atas Gedung HB. Sutopo FSRD UNS pada Kamis (07/12/2023).

Pameran ini diselenggarakan oleh kelompok 2 mata kuliah Sosiologi Seni, yang beranggotakan Angger Rianto, Vincentius Tito, Najma Mumtaza, Reyhan Ardhiansyah, dan Mohammad Fattah Adhiimurrizki. Pameran ini diadakan guna memenuhi UAS mata kuliah Sosiologi Seni. Karya seni dalam pameran ini berkolaborasi dengan karya-karya dari teman-teman SLB Negeri Surakarta dan Komunitas Teman Tuli UNS.

Pameran Sunyaruri ini bertemakan “Spoke the Unspoken Voice” yang berarti menyuarakan suara atau kata yang tak tersampaikan, Tujuan dari pameran ini adalah untuk menyediakan ruang eksplorasi dalam berkarya teman-teman disabilitas dan menjadi wadah untuk menyampaikan segala hal atau perasaan yang ingin disampaikan melalui karya seni.

Selain acara pameran seni, diadakan juga live painting oleh Rizki dan kegiatan interaktif workshop melukis pouch bersama teman-teman disabilitas yang diisi oleh Reyhan Ardhiansyah, dibantu oleh dua juru bicara isyarat yaitu Alexa dan Intan dari Program Studi Pendidikan Luar Biasa UNS. Kegiatan workshop ini diadakan sebagai sarana untuk  mengembangkan kreatifitas bersama pengunjung dan teman-teman tuli.

Dalam pameran ini banyak pengunjung yang tertarik dalam memahami konsep dan makna dari setiap karya seni yang ditampilkan. Acara pameran ini juga menampilkan tentang proses pembuatan karya seni yang bisa menjadi inspirasi untuk orang lain.

Humas FSRD UNS 2023

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *