Unit Magang dan Career Development Center (CDC) FSRD UNS Gelar Kuliah Industri

FSRD – Unit Magang dan Career Development Center (CDC) Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Universitas Sebelas Maret (UNS) menggelar Kuliah Industri dengan tema Material dan Produk Tekstil Interior pada Rabu (6/12/2023). Kuliah Industri yang digelar di Aula Gedung HB. Sutopo FSRD UNS ini bertujuan untuk bertemu dengan mitra dalam rangka membuka peluang magang dan career mahasiswa.

Plt. Wakil Dekan Akademik, Riset, dan Kemahasiswaan FSRD UNS, Dr. Deny Tri Ardianto, S.Sn., Dipl. Art. turut menghadiri kegiatan ini. Dr. Deny menyambut baik adanya kuliah industri ini. “Kami sangat berharap kuliah industri ini membawa manfaat untuk kita semua, paling tidak membuka wawasan bagi mahasiswa dan rekan dosen bagaimana perkembangan industri di luar saat ini. Diharapkan dengan hadirnya dua perusahaan industri ini dapat berkolaborasi dan kedepannya dapat bekerja sama. Misalnya mahasiswa bisa magang di kedua perusahaan ini.” ujar Dr. Deny.

Kuliah industri ini menghadirkan dua narasumber dari dua perusahaan industri yang berbeda. Narasumber pertama adalah Ibu Natalia dari Goodrich Indonesia. Dalam pemaparan materinya, Natalia menjelaskan mengenai sejarah dari berdirinya Goodrich Indonesia. Goodrich pertama kali berdiri di negara Singapore pada tahun 1983 dan didirikan di Indonesia sejak tahun 1991.

Natalia juga menjelaskan mengenai produk yang dihasilkan Goodrich. “Produk dari Goodrich sendiri meliputi wallcovering, carpet, fabric dan flooring. Dari keempat produk tersebut memiliki type dan fungsi yang berbeda. Misalnya produk carpet berfungsi untuk penggantian bagian yang rusak atau kotor, mudah disimpan, mudah mobilitas dan pemasangan bisa diatur sesuai selera.” ujar Natalia.

Produk dari Goodrich sudah dipakai di berbagai tempat. Diantaranya di The PakuBuwono Apartement, Raffles Hotel, Intercontinental Resort, Hotel Tentrem dan masih banyak perusahaan lain yang menggunakan produk dari Goodrich. Selain itu Natalia juga membawakan contoh produk dari Goodrich dan memperlihatkan kepada mahasiswa yang hadir.

Sementara itu narasumber kedua adalah Bapak Thumasto, S.E., M.Comm. dari Onna Ventura. Thumasto juga memaparkan berbagai produk yang diproduksi oleh industri Onna. Diantaranya adalah blinds, gorden, kasa nyamuk, partisi dan wallpaper. Sama seperti Natalia, Thumasto juga menjelaskan proses dari pembuatan produk yang dihasilkan oleh Onna.

Kuliah industri ini diikuti oleh mahasiswa Prodi Kriya Seni, mahasiswa Prodi Desain Interior serta perwakilan mahasiswa Prodi Desain Komunikasi Visual dan mahasiswa Prodi Seni Rupa Murni.

Ketua Unit Pengelola Magang dan CDC FSRD UNS Dyah Yuni Kurniawati, S.Sn., M.Sn. dan Koordinator Bidang Magang dan Kerja Lapangan, M. Rudianto, S.E., S.Sn., M.Sn. FSRD UNS turut berharap dengan adanya kuliah industri ini semoga dapat memberikan pandangan dan wawasan mengenai peluang karir di industri luar kepada mahasiswa setelah selesai menempuh pendidikan perguruan tinggi.

Humas FSRD UNS 2023

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *