FSRD UNS Gelar Seminar Internasional bertajuk ‘Prospects and Challenges of IKN Nusantara’s Masterplan for Sustainable Design’

FSRD – Fakultas Seni Rupa dan Desain UNS menggelar Seminar Internasional bertajuk “Prospects and Challenges of IKN Nusantara’s Masterplan for Sustainable Design”. Kegiatan dilaksanakan pukul 13.00 di Aula Gedung HB. Sutopo Fakultas Seni Rupa dan Desain pada Kamis (10/8/2023).

Narasumber yang diundang pada event ini adalah Eka Permanasari, Ph.D. yang merupakan Dosen Monash University Indonesia. Sebelum melaksanakan seminar kedatangan Ibu Eka Permanasari disambut dengan hangat oleh Dekan Fakultas Seni Rupa dan Desain Prof. Dr. Rahmanu Widayat, M.Sn. di Ruang Rapat Gedung Edi Sudadi – Maryono. “Selamat datang kembali di Fakultas Seni Rupa dan Desain UNS. Selamat menikmati kota solo yang saat ini sedang berbenah dalam pembangunan.” ungkap Prof. Rahmanu.

Dalam seminar internasional ini, Eka Permanasari membahas mengenai Ibu Kota Nusantara (IKN) yang saat ini sedang dalam tahap pembangunan. Eka Permanasari menjelaskan pentingnya desain dalam pembangunan IKN meliputi interior desain, arsitektur dan implementasinya.

“IKN dari masterplane-nya sangat bagus, kalau dilihat dari target yang diambil Indonesia bisa di bilang di negara maju pun belum tentu bisa sampai di level ini. Semua bidang studi saat ini sangat dibutuhkan di IKN” ujar Eka Permanasari.

Dalam seminar nya Eka Permanasari membuka sesi diskusi yang meliputi Detaching from the colonial image, Moving away from the Javanese domination over other ethnicities, New Utopia, The role of Architecture & Urban Design, Challenges in the implementation stage and Ensuring local stakeholders involvement.

Peserta seminar yang hadir terlihat begitu excited karena materi pembahasan yang menarik mengenai Ibu Kota Nusantara.

Humas FSRD UNS 2023

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *