Dekan FSRD UNS Dilantik Sebagai Ketua APSI Wilayah Solo Raya Periode 2023-2027

FSRD – Masih dalam rangkaian Seminar Internasional, dalam kesempatan ini pula digelar Pelantikan Pengurus APSI (Asosiasi Pendidikan Seni Indonesia) Wilayah Solo Raya untuk periode 2023-2027. Dekan Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Dr. Deny Tri Ardianto, Dipl.Art., mendapat kepercayaan sebagai Ketua Asosiasi Pendidik Seni Indonesia (APSI) Wilayah Solo Raya Periode 2023-2027. Pelantikan berlangsung di Aula Gedung H.B. Soetopo FSRD UNS, Kamis (10/10/2024). Momen ini dihadiri langsung oleh Ketua APSI Pusat, Dr. Agus Cahyono, M.Hum.

Dr. Deny menyatakan bahwa kontribusi APSI Wilayah Solo Raya dalam merambah kesenian dilakukan melalui sektor pendidikan. Dukungan diberikan dengan menjembatani institusi pendidikan dengan pemerintah dalam hal kolaborasi pagelaran seni dan budaya. Pengurus APSI yang terdiri dari pendidik, peneliti, dan praktisi seni mampu memetakan potensi setiap daerah di Solo Raya.

“Wilayah kami (APSI) akademik, yakni pengembangan dan pelestarian seni budaya. Kami juga memberikan rekomendasi dalam bentuk regulasi untuk pemetaan seni budaya di Solo Raya. Selain itu kita tidak bisa bekerja sendiri tanpa adanya kolaborasi dan diskusi bersama untuk memajukan industri kreatif” kata Dr. Deny.

Dalam pengembangan seni budaya, bukan hanya event yang dibutuhkan, tapi bagaimana seni budaya tradisi bisa tetap hidup. “Jadi kantong kantong seni tradisi tetap harus diberdayakan. APSI ada di semua daerah. Jadi mereka bersama Pemerintah akan memberdayakan seni tradisi.” tambah Dr. Deny.

Ketua APSI Pusat, Dr. Agus Cahyono, M.Hum. berharap bahwa APSI Wilayah Solo Raya mampu berkontribusi aktif dalam pengembangan dan pelestarian seni budaya Indonesia. Beliau mencontohkan salah satunya dengan memperluas jejaring. APSI Wilayah Solo Raya dapat membangun hubungan antar Lembaga dan antar negara dalam sektor industri kreatif.

Humas FSRD UNS 2024

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *