Salah satu upaya pengenalan Seni kepada generasi muda dan anak-anak, FSRD dalam hal ini Seni Rupa Murni Mengadakan Workshop. Pada hari senin 12 Februari 2018 bertempat di Selasar Bawah Kanopi Gedung 2 FSRD Seni Rupa Murni mengadakan Workshop Pengenalan Keramik Kepada Siswa-siswi SDN Cemara Dua Surakarta. Acara dimulai Pukul 10.00 wib dengan ice breaking yang dipimpin oleh Tim Guru dari SDN Cemara Dua Surakarta.

Kegiatan ini diikuti oleh 133 anak sisa-siswi . Acara di lanjutkan dengan pengenalan tentang keramik degan materi membuat keramik dasar dari tanah liat, siswa di minta membuat bentuk bentuk yang mereka sukai dari tanah liat. Siswa diberi tantangan untuk menuangkan imajinasinya dengan membentuk tanah liat menjadi binatang, mentor memberi  contoh dan membimbing sampai siswa-siswi tersebut berhasil membuat karyanya. Pengisi materi Joko Lulut Amboro, S.Sn., M.Sn., Novita Wahyuningsih, S.Sn., M.Sn., Dona Prawita Arissuta, S.Sn., M.Hum.

Dibantu oleh beberapa mahasiswa minat keramik para siswa terlihat sangat menyukai kegiatan ini. Menurut Kaprodi seni rupa murni, Joko lulut Amboro.,S.Sn, M.Sn : “ Kegiatan ini bertujuan membentuk kreatifitas anak sejak dini , selain kreatifitas kegiatan ini juga melatih motorik halus Sebagai, kesabaran , ketekunan dan ketelatenan anak sejak dini. “

Selain itu Beliau juga berharap dengan kegiatan ini diharapkan siswa mengetahui apa itu seni keramik (selama ini yang ada dalam benak mereka adalah lantai). Melatih rasa dan gerak motorik, melatih untuk berimajinasi. Sebagai salah satu bentuk pengenalan dan melestarikan budaya kepada generasi muda, kampus harus menjadi ujung tombak yang menggawangi proses tersebut. Oleh sebab itu program seperti ini dapat terus berjalan dan diikuti oleh sekolah dasar yang lainnya diwilayah Surakarta.