Workshop ini diselenggarakan atas kerja sama Prodi Seni Rupa Murni Fakultas Seni Rupa dan Desain UNS dengan AIESEC (Association Internationale des Etudiants en Sciences Economiques et Commerciales). Workshop keramik ini diselenggarakan di ruang kanopi lantai I gedung II FSRD UNS, pada hari Rabu tanggal 17 Januari 2018 dari jam 09.00 – 14.00 WIB.  Coordinator dari kegitan ini adalah Novita Wahyuningsih, S.Sn., M.Sn. dan Joko Lulut Amboro, S.Sn., M.Sn. Kali ini workshop mengangkat tema “Make Pottery”.

Kerjasama antara Seni Rupa Murni dan AIESEC ini sudah diadakan yang ke lima kalinya. Selain untuk meningkatkan jejaring internasional, mengenalkan FSRD pada khususnya dan UNS pada umumnya ke tingkat dunia  kegiatan ini sekaligus untuk mengenalkan budaya pembuatan keramik di Indonesia, karena terbilang sedikit sekali remaja yang mau mengenal budaya pembuatan keramik/gerabah.

Untuk itu, kita sebagai lembaga yang berkecimpung dalam dunia pendidikan ingin mengenalkan kepada mahasiswa asing tentang kebudayaan di Indonesia, salah satunya adalah kebudayaan membuat gerabah/keramik. Keramik adalah karya yang dibuat dari tanah liat dan melalui proses pembakaran.

Selain itu, kita juga ingin mengenalkan bahwa dengan keramik bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif usaha kreatif.   Kegiatan ini diikuti oleh 11 mahasiswa dari berbagai universitas dan dari berbagai Negara yang berbeda, diantaranya adalah India, Belanda dan China. Para peserta workshop tersebut merupakan mahasiswa asing dengan latar belakang keilmuan eksakta dan teknik. Mereka belajar membuat gerabah dengan menggunakan teknik pinch dan teknik putar.

Harapan dengan diadakannya kegiatan ini adalah dapat mengasah ketrampilan dengan berolah rasa. keramik bisa dijadikan sebagai media untuk mengenalkan kebudayaan Indonesia kepada mahasiswa asing, serta untuk menumbuhkan jiwa enterpreuner dan dapat pula dikembangkan di neraga mereka masing-masing.