PROGRAM STUDI SENI RUPA MURNI

Program Studi  Seni Rupa Murni berdiri sejak tahun 1976, merupakan gabungan dari Studio Lukis dan Studio Patung. Saat ini memiliki empat Minat Utama, yaitu Seni Lukis, Seni Patung, Seni Grafis, dan Keramik. Penyelenggaraan pendidikan dalam rangka peningkatan kualitas Proses Belajar Mengajar (PBM), didukung oleh beberapa ruang kuliah teori dan laboratorium/studio terdiri atas: Studio Seni Lukis, Studio Seni Grafis, Studio Seni Patung, Studio Seni Keramik dan Laboratorium Multimedia.

Kurikulum Program Studi Seni Rupa Murni dirancang untuk mengantisipasi perkembangan dan kebutuhan dalam masyarakat baik secara lokal, nasional dan internasional, sehingga dapat menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Sejak awal tahun 2000, Teknologi Informasi (TI) dan Multimedia menjadi dasar pengembangan kurikulum dengan tetap mempertahankan hal-hal yang bersifat manual-konvensional serta menekankan pada pengembangan pola pikir dan potensi kreatif.  

GET IN TOUCH

Visi

Menjadikan Program Studi Seni Rupa Murni yang maju, unggul dan terpercaya di tingkat nasional maupun internasional, dalam ilmu seni rupa serta mampu memelihara, memperkaya berbagai nilai, peka terhadap fenomena perubahan yang bertumpu pada budaya nasional.

Misi

Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang menuntut pengembangan profesionalisme dosen dan mahasiswa dalam memperoleh pengetahuan, ketrampilan dan sikap. Mampu memanfaatkan Ilmu Pengetahuan, Teknologi. dan Seni (IPTEKS) dalam bidang keahliannya dan beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi dalam penyelesaian masalah, berkarya seni rupa dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan produk-produk teknologi untuk meningkatkan mutu karya seni rupa, juga mentransformasi nilai-nilai kemanusiaan dalam berkarya seni rupa. Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta memformulasikan penyelesaian masalah prosedural dan memformulasikan ke dalam karya seni rupa inovatif berdasarkan telaah seni rupa.

Tujuan

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air serta mendukung perdamaian dunia
  2. Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan dan agama serta pendapat / temuan original orang lain.
  3. Menjunjung tinggi penegakan hukum serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan bangsa serta masyarakat luas. Menghasilkan lulusan berkemampuan akademik, kreatif dan profesional dalam bidang kesenirupaan, mandiri, sehingga mampu menghadapi perkembangan z
  4. Menghasilkan pemikiran dan penelitian khususnya dalam bidang kesenirupaan yang berkualitas untuk pengembangan pendidikan, penelitian yang mengarah pada penemuan baru di bidang seni rupa, dalam rangka menghadapi berbagai persoalan baik dalam skala lokal, nasional maupun internasional.
  5. Menghasilkan karya-karya pengabdian yang berkualitas didasarkan pada penerapan kegiatan pengabdian pada masyarakat berorientasi pemberdayaan dan kesejahteraan masyarakat khususnya dalam dinamika kesenirupaan.

Kompetensi Lulusan

Kompetensi lulusan yang dihasilkan berdasar Kurikulum yang diberlakukan Program Studi  Seni Rupa Murni adalah :

  1. Senirupawan profesional/Seniman Seni Rupa Mandiri
  2. Pendidikan Bidang Seni Rupa/Akademisi/Dosen dan Guru Seni Rupa
  3. Kritikus/Penulis Seni Rupa
  4. Peneliti/Pengkaji Seni Rupa
  5. Pengelola/Manejerial, Museum/Galeri Seni Rupa
  6. Art Director Creative Manager
  7. Kurator Seni Rupa
  8. Kreator Seni Multimedia
  9. Wira usaha kreatif.