Program Studi Kriya Seni/Tekstil

Program Studi Kriya Seni/Tekstil berdiri pada tahun 1978 dengan nama Studio Tekstil. Kedudukan Program Studi  Kriya Seni/Tekstil pada Fakultas Seni Rupa dan Desain, serta berada di dalam sebuah universitas, maka Program Studi  Kriya Seni/Tekstil memposisikan dirinya menjadi laboratorium pemikiran dan praksis tempat para mahasiswa calon desainer tekstil maupun kriyawan tekstil melakukan eksperimentasi estetik, teknik, maupun pengujian dan mempertanggungjawabkan hasilnya secara objektif dengan parameter ilmiah yang jelas. Berdasarkan wilayah praksis tersebut Program Studi Kriya Seni/Tekstil mengembangkan penciptaan tekstil dengan mengintegrasikan pendekatan teknologi (dengan beragam teknik dan media)”, sains (pengembangan pengetahuan) dan seni (pengembangn perupaan dan estetis). Di samping itu, sebagai sebuah lembaga akademik, Program studi  Kriya Seni/Tekstil juga mengembangkan dirinya sebagai pusat riset dan kajian-kajian teoritik tekstil Nusantara.

KUNJUNGI LAMAN

Visi

Program Studi Kriya Seni/Tekstil sebagai pusat penciptaan dan pengkajian kriya tekstil yang mempunyai peran strategis dalam pelestarian dan revitalisasi tekstil tradisi Nusantara serta pengembangannya ke arah tekstil kekinian.

Misi

  1. Mengembangkan keilmuan kriya tekstil dalam dimensi kultural dan spiritual tanpa meninggalkan nilai-nilai budaya lokal.
  2. Meningkatkan kemampuan pengkajian dan penciptaan kriya tekstil dengan mengembangkan wacana, gagasan, estetis dan metode agar mampu bersaing dalam percaturan budaya global.
  3. Menerapkan sikap kritis, reflektif, dan terbuka terhadap pergeseran paradigma keilmuan, teknologi, dan keprofesian dalam bidang tekstil.

Tujuan dan Strategi Pencapaian

Berdasarkan Visi-Misi tersebut di atas, maka Program Studi Kriya Seni/Tekstil mempunyai tujuan menghasilkan lulusan (sarjana) yang mampu :

    1. Menciptakan dan mengekspresikan beragam gagasan ke dalam bentuk karya tekstil.
    2. Mengkaji beragam fenomena kriya tekstil tradisi dan modern secara kreatif, inovatif, dan profesional.
    3. Melestarikan khasanah tekstil Nusantara secara etis dan akademis.
    4.  Mengelola beragam kegiatan kriya tekstil dalam era industri kreatif.

Kompetensi Lulusan

Kompetensi utama lulusan Program studi  Kriya Seni/Tekstil adalah Sarjana Tekstil yang mempunyai kompetensi dalam :

  1. Praktisi Kriya Seni
  2. Wirausahawan
  3. Tenaga Pendidik