PROGRAM STUDI  DESAIN KOMUNIKASI  VISUAL

Program Studi Desain Komunikasi Visual berdiri pada tahun 1979 dengan nama Studio Grafis, saat ini mempunyai kurikulum yang berorientasi pada tiga wilayah, yaitu gambar/image, suara/sound, dan teks. Orientasi ini tidak dibatasi pada gaya dan penggolongan berdasarkan karakter seni rupa dan media. Melalui kurikulum yang ditata sedemikian rupa sehingga institusi selalu berupaya melengkapi mahasiswa dengan pengetahuan dan ketrampilan yang menyeluruh. Mahasiswa diberi peluang untuk memilih dan mengambil pilihan belajar dengan bebas (dengan asumsi bahwa orientasi mahasiswa adalah sangat jelas, yakni berupa kesadaran profesi karir yang sudah dikenali dan akan menjadi bagian hidupnya, bisa bersifat normatif maupun empirik artinya dapat dilihat, terukur dan accountability, tidak sebagai gambaran ideal saja). Prinsip dasar studi tahun pertama dan kedua, para siswa menerima bimbingan dan pelatihan praktis dari ahli, dengan tutorial dalam semua bentuk ethic, aesthetic, artistik dan teknik, mencakup problem umum gambar-desain, computer grapic, sound (suara) dan teks. Setelah itu, para peserta didik bebas memilih bidang advance spesialisasi mereka berdasarkan pada apakah mereka menginginkan untuk menjadi seorang generalis seperti Dekstop Publishing ataupun spesialis Art-Media.

KUNJUNGI LAMAN

Visi

Berlandaskan nilai luhur budaya Bangsa, Program Studi  Desain Komunikasi Visual akan menjadi lembaga pendidikan dan penyelenggaraan pembelajaran dalam cakupan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang menghasilkan lulusan dalam bidang industri kreatif yang bermutu.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang menuntut pengembangan dosen dan tenaga pendukung dengan basis sistem kurikulum yang memenuhi syarat bagi tuntutan keilmuan dan atau profesi sesuai dengan tujuan pendidikannya yaitu mencakup ilmu pengetahuan, keterampilan dan sikap mandiri bagi para lulusannya, khususnya performa penguasaan keterampilan dalam dunia lapangan kerja industri kreatif.
  2. Menyelenggarakan secara akademik penelitian yang mengarah pada penemuan dan adaptasi baru dibidang ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dalam ruang lingkup lapangan kerja dan pasar kerja industri kreatif yang terus berubah dan berkembang dengan cepat.
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian pada masyarakat yang berorientasi pada upaya pemberdayaan

Sasaran dan Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan dengan kualifikasi yang relevan dalam pasar kerja, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi luhur, cerdas, terampil, mandiri, sehat jasmani, rohani, dan sos
  2. Mampu beradaptasi terhadap temuan-temuan baru di bidang ilmu, teknologi, dan seni yang dapat dimanfaatkan untuk memecahkan masalah dalam masyarakat dan untuk membangun kehidupan yang berkualitas baik.
  3. Mampu mengaplikasikan nilai-nilai luhur budaya nasional sebagai salah satu landasan berpikir, bersikap, dan berperilaku dalam pengabdian, kehidupan, baik di dalam maupun di luar kampus

Kompetensi Lulusan

Kompetensi lulusan yang dihasilkan berdasar kurikulum yang diberlakukan Program Studi  Desain Komunikasi Visual adalah :

  1. Desainer Komunikasi Visual
  2. Fotografer
  3. Animator
  4. Web Designer
  5. Compositor Artist
  6. Video Director
  7. Video Editor